Siap-siap! Ini Jadwal Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Siap-siap! Ini Jadwal Rekrutmen Bersama BUMN 2024 (instagram.com/bersamabumn)

JAKARTA - Kementerian BUMN bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) mengumumkan pembukaan rekrutmen bersama BUMN untuk periode 2024 (RBB 2024). Rekrutmen ini terbuka untuk berbagai status pekerjaan, termasuk organik/PKWTT dan kontrak/PKWT.

Dalam pengumuman resmi yang dirilis pada Senin, 12 Februari 2024, RBB 2024 menyediakan kesempatan bagi calon pelamar dari berbagai latar belakang pendidikan, mulai dari tingkat SMA/SMK/sederajat, D3, S1/D4 hingga S2. 

Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan tidak hanya induk/holding BUMN yang bergabung dalam RBB 2024, melainkan juga anak perusahaan, cucu perusahaan dan perusahaan afiliasi BUMN.

“Harapan saya, dengan scope penerimaan yang lebih besar, RBB 2024 dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi putra-putri terbaik dan menciptakan talenta unggul bagi bangsa,” ujarnya dikutip pada Senin, 12 Februari 2024. 

Erick juga menekankan bahwa program ini memiliki signifikansi yang tinggi dalam mendukung diversifikasi dan transformasi di kelompok BUMN, dengan tujuan menjadikan BUMN sebagai pemain global yang berperan aktif dalam kemajuan ekonomi Indonesia.

“Kesempatan ini juga pastinya berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan Masyarakat," tukas pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PSSI ini. 

Sementara itu, Alexandra Askandar, selaku Ketua Umum FHCI, menyatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan peningkatan berkelanjutan (continuous improvement) terhadap kualitas program RBB 2024.

"Antara lain, dengan peningkatan kehandalan sistem, evaluasi proses tahapan RBB, dengan informasi yang lebih detail dan clear yang memudahkan peserta, serta aspek transparansi dan akuntabilitas yang semakin baik," ucap Alexandra.

Peserta memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi beragam lowongan pekerjaan yang tersedia di berbagai sektor industri dan dapat mengikuti seluruh proses RBB 2024 tanpa dikenakan biaya apa pun.

Kementerian BUMN dan FHCI dengan tegas menyatakan kesiapan mereka untuk mengambil langkah tegas terhadap setiap bentuk kecurangan yang dilakukan oleh peserta atau pihak lainnya.

Rencananya, RBB akan dibuka pada bulan Maret 2024. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui akun media sosial FHCI dan Kementerian BUMN.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Alvin Pasza Bagaskara pada 12 Feb 2024
Editor: Redaksi

Related Stories