Tips dan Trik Menabung di Bank Supaya Cuan

Ilustrasi layanan digital perbankan. (Freepik)

JAKARTA – Menyimpang uang (saving) merupakan prinsip utama yang harus dilakukan setelah menerima pendapatan. Ya, selain untuk konsumsi, ada baiknya pendapatan Anda untuk ditabung. Tak apa-apa menabung sedikit, yang penting Anda melakukannya secara teratur.

Oh ya, penting untuk memahami prosedur menabung di bank, sebab ini adalah hal mendasar bagi siapa pun yang akan membuka rekening tabungan.

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan menabung di bank daripada menyimpan uang di rumah, termasuk keamanan yang lebih terjamin dan proses transaksi yang lebih mudah. Selain itu, dengan menyimpan uang di bank, Anda dapat dengan lebih efisien mengelola keuangan Anda melalui layanan mobile banking

Jadi, bagi Anda yang berencana membuka rekening, yuk pahami lebih lanjut mengenai persyaratan dan prosedur menabung di bank!

Prosedur Menabung di Bank

Berikut adalah prosedur menabung di bank yang perlu Anda ketahui.

1. Menyiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Langkah awal dalam prosedur menabung di bank adalah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti kartu identitas, kartu keluarga, dan NPWP.

Dokumen-dokumen tersebut penting untuk keperluan administrasi, dan proses ini tidak dapat diwakilkan oleh orang lain. Hal ini dikarenakan akan dilakukan proses pemindaian identitas calon nasabah, termasuk sidik jari, sebagai langkah keamanan.

2. Menyiapkan Dana Setoran Awal

Setelah semua persyaratan administrasi terpenuhi, langkah berikutnya adalah menyiapkan dana untuk setoran awal.

Setiap bank memiliki ketentuan tersendiri mengenai jumlah minimum yang harus disetor sebagai setoran awal. Besaran ini biasanya bergantung pada jenis tabungan yang dipilih. Secara umum, jumlah setoran awal berkisar antara Rp100.000 hingga Rp500.000.

3. Pilih Bank yang Sesuai

Langkah selanjutnya adalah memilih bank yang sesuai dengan pilihan Anda untuk menabung. Pastikan telah melakukan riset terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan dari setiap opsi bank.

Untuk membuka rekening, tidak perlu mengunjungi kantor pusat atau cabang utama. Beberapa bank juga menyediakan layanan pembukaan rekening di kantor cabang.

Selain itu, sekarang bank-bank telah menyediakan aplikasi yang memungkinkan pembukaan rekening secara online. Anda hanya perlu mengikuti syarat dan ketentuan yang tersedia di aplikasi tersebut tanpa mengunjungi kantor cabang secara langsung.

4. Isi Formulir

Bagian penting dari proses menabung di bank adalah mengisi formulir yang berkaitan dengan permohonan pembukaan rekening.

Untuk mendapatkan formulir tersebut, Anda dapat meminta kepada satpam yang berjaga di area bank dan jelaskan tujuan Anda.

Selanjutnya, satpam akan memberikan arahan mengenai cara mendapatkan formulir serta nomor antrean yang akan dipanggil oleh customer service.

Setelah nomor antrean dipanggil, Anda dapat mengunjungi customer service untuk menyerahkan formulir yang telah diisi sebelumnya.

Petugas customer service akan memberikan penjelasan detail mengenai produk dan jenis-jenis tabungan yang tersedia di bank tersebut, beserta dengan manfaat dan fasilitasnya.

Pastikan untuk memperhatikan dengan baik setiap informasi yang diberikan oleh petugas agar Anda dapat memahami produk tabungan yang ditawarkan oleh bank dengan baik.

5. Dapatkan ATM dan Layanan Mobile Banking

Setelah memahami semua informasi dan memilih produk tabungan yang sesuai, rekening baru akan segera dibuat.

Selanjutnya, Anda perlu menyetorkan dana setoran awal yang telah kamu siapkan sebelumnya ke dalam rekening tersebut.

Setelah proses pembuatan rekening selesai, kamu akan menerima kartu ATM serta akses ke layanan internet banking dan mobile banking.

Jika Anda ingin menyetor uang ke dalam rekening, Anda dapat melakukannya melalui dua cara, yaitu dengan menyetorkan langsung melalui teller bank atau melalui ATM non tunai.

Tips Menabung Mudah dan Efektif di Bank

Setelah semua tahapan prosedur menabung di bank telah diselesaikan, Anda dapat memanfaatkan rekening baru untuk menabung dan melakukan transaksi pengiriman uang.

Berikut beberapa tips menabung yang mudah dan efektif guna mencapai tujuan keuangan:

1. Buat Rekening Tabungan Terpisah

Tips menabung yang praktis dan efektif adalah membuka beberapa rekening tabungan terpisah. Keuntungan dari memiliki rekening tabungan terpisah adalah memungkinkan untuk memisahkan dana untuk pengeluaran rutin dari tabungan khusus untuk menabung.

Dengan cara ini, dana yang telah kita tabungkan tidak akan tercampur dengan dana untuk kebutuhan sehari-hari atau bulanan lainnya.

2. Buat Target Menabung

Untuk menjaga konsistensi dalam meningkatkan tabungan, penting untuk menetapkan target finansial yang dapat dikejar dan dicapai.

Dengan memiliki target menabung yang jelas, Anda akan lebih termotivasi untuk tidak mengalihkan uang dari pendapatan rutin untuk keperluan lain.

Target menabung dapat beragam, mulai dari membayar uang muka rumah, membeli barang elektronik, dana darurat, biaya pendidikan, pernikahan, dan lain sebagainya.

3. Rutin Menyisihkan Penghasilan

Mencapai tujuan finansial memerlukan kebiasaan rutin dalam menyisihkan sebagian penghasilan. Percayalah pada proses dan konsistensi, maka target tabunganmu pasti akan tercapai.

Tetapkan jadwal secara berkala, baik itu mingguan atau bulanan, untuk menabung. Jumlah yang disisihkan tidak perlu besar. Hal yang terpenting adalah menjaga konsistensi dalam menyisihkan sebagian dari penghasilan.

4. Hindari Utang

Apakah Anda ingin menyisihkan lebih banyak pendapatanmu untuk ditabung? Jika iya, kurangilah utang.

Pasalnya, utang hanya akan memberikanmu beban yang harus dibayarkan secara rutin sehingga jumlah uang untuk ditabung jadi semakin berkurang. 

Itu dia penjelasan seputar prosedur menabung di bank. Memulai kebiasaan menabung memang bukan suatu hal yang mudah, tapi jika dilakukan secara konsisten, Anda akan meraih kesehatan finansial di masa yang akan datang.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 23 Feb 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories