Cara Mencegah Tikus Masuk ke Dalam Rumah

Cara Mencegah Tikus Masuk ke Dalam Rumah (Istimewa)

JAKARTA - Tikus adalah salah satu hewan yang mengganggu dan bisa mencemari makanan, mengunyah dokumen penting, merusak kabel listrik, bahkan menyebarkan penyakit.

Namun, tidak dapat dipungkiri mengusir tikus dari rumah yang memiliki tempat bersarang yang tersembunyi memang sulit. Akan tetapi, bukan tidak mungkin Anda melakukan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara efektif mengusir tikus masuk rumah, seperti penjelasan berikut ini.

Cara Mencegah Tikus Masuk Rumah

1. Blokir Semua Titik Masuk

Satu-satunya tindakan pencegahan paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mengusir tikus adalah dengan memeriksa pondasi dan dinding rumah. 

Hal itu dilakukan untuk memastikan setiap titik masuk bisa terhalang. Seperti yang Anda ketahui hewan pengerat seperti tikus berusaha masuk ke dalam rumah dari hawa dingin.

Tikus bahkan dapat masuk ke dalam rumah melalui celah sekecil seperempat inci. Oleh karena itu, blokir retakan pondasi dengan bahan perbaikan pasangan bata dan periksa sambungan di sekitar jendela dan kusen pintu apakah ada retakan yang memungkinkan masuknya hewan pengerat.

2. Masukkan Makanan Hewan ke dalam Wadah Kedap Udara

Pindahkan makanan anjing, kucing, atau burung ke wadah penyimpanan yang tertutup rapat dan kedap udara segera setelah membelinya. Makanan hewan kering adalah surga bagi hewan pengerat. Oleh karena itu, simpanlah dalam wadah tertutup rapat yang jauh di atas lantai.

3. Tutup Tempat Sampah dengan Rapat

Tong sampah yang disimpan di samping rumah atau garasi merupakan panggilan bagi tikus, kecuali jika disimpan dalam keadaan tertutup rapat dengan tutup yang kedap udara.

Simpan kontainer sampah tersebut sejauh mungkin dari rumah Anda, kencangkan tutupnya dengan tali atau batu berat.

Tempat sampah di rumah juga harus dikosongkan secar ateratur. Jangan pernah membiarkan sampah meluap karena dapat menarik hewan pengerat.

4. Bersihkan Lantai dan Meja

Bersihkan remah-remah atau sisa makanan di lantai atau meja. Selalu sediakan alat penyapu yang berguna untuk menangkap remah-remah dan jangan pernah meninggalkan mangkuk makanan hewan yang belum dimakan di piring di lantai.

Jika Anda memiliki burung peliharaan, sapulah semua benih yang berserakan yang mungkin jatuh ke bawah sangkar.

5. Gunakan Penangkal Alami

Tikus memiliki indra penciuman yang kuat dan tidak menyukai bau tertentu. Seperti yang dilansir dari laman The Spruce, minyak kayu putih menunjukkan keberhasilan dalam mengusir tikus. Namun, kemanjurannya akan meningkat bila minyak dioleskan setiap hari dibandingkan seminggu sekali.

Penolak alami lainnya termasuk minyak peppermint, cabai rawit, serai wangi, dan kayu manis. Bau kimia yang dapat mengusir tikus antara lain amonia, pemutih, kapur barus, dan lembaran pengering kain. 

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories