Kenali Apa Itu Sunday Scaries dan Cara Mengatasinya

Kenali Apa Itu Sunday Scaries dan Cara Mengatasinya (Freepik.com/prostooleh)

JAKARTA - Sudah lama kita mengenal hari Minggu sebagai momen untuk istirahat dan memulihkan tenaga setelah melewati kesibukan yang melelahkan. 

Akan tetapi, di dunia kerja yang semakin sibuk seperti sekarang, hari Minggu justru tampak berubah menjadi hari yang penuh kepanikan karena takut Senin akan datang. Fenomena inilah yang dikenal sebagai Sunday Scaries.

Meski begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa hari Senin akan tetap datang meski Anda tidak menyukainya. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara mengatasi Sunday Scaries atau hari Minggu yang menakutkan ini.

Cara Mengatasi Fenomena Sunday Scaries

1. Menulis Jurnal

dengan menuliskan pemikiran dan kekhawatiran Anda, Ana dapat mengklarifikasi apa ada hal-hal nyata dan konkret yang perlu ditekankan. Jika ada, buatlah rencana untuk mengatasi atau mengerjakannya.

Dengan meluangkan waktu untuk menuliskan aspek-aspek pekerjaan yang menyebabkan Anda panik, Anda memiliki kesempatan untuk mempertimbangkan tindakan yang dapat Anda ambil untuk mengubahnya.

2. Aktif Bergerak

Ketika Anda sedang merasa kewalahan dan gelisah karena pekerjaan pada Minggu malam, cobalah untuk menggunakan semua adrenalin Anda dengan cara berolahraga. Olahraga adalah cara yang baik untuk memutus siklus stres. 

3. Rangkul Sisi Kreatif Anda

Anda bisa mencoba menghilangkan stres akibat Sunday Scaries dengan menciptakan suatu karya seni, menggambar di buku mewarnai, atau mencoba peralatan kerajinan tangan.

Sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan pada Journal of the American Art Therapy Association pada tahun 2016 menemukan bahwa peserta memiliki tingkat kortisol yang jauh lebih rendah usai membuat karya seni selama 45 menit.

4. Buat Rencana untuk Hari Senin

Anda bisa meluangkan waktu pada hari Minggu sore atau malam hari untuk merencanakan minggu Anda dan mempersiapkan mental untuk hal-hal yang harus dilakukan. Hal ini akan membantu menenangkan pikiran Anda.

Misalnya, jika Anda stres terhadap suatu proyek yang harus diselesaikan pada hari Jumat, Anda dapat meluangkan waktu sejenak untuk menjadwalkan bagaimana Anda akan menanganinya sedikit demi sedikit sepanjang minggu. 

Dengan melakukan hal tersebut, kecemasan Anda akan mereda, serta mengurangi kemungkinan terjadinya Sunday Scaries.

Itu tadi penjelasan mengenai fenomena Sunday Scaries dan cara mengatasinya.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories