Tingkatkan Kapasitas SDM hingga Lahirkan Lulusan Antikorupsi: Optimisme Rektor Baru Unwar Jadikan Institusinya Unggul di ASEAN

Pelantikan Rektor Unwar periode 2023-2027. (Balinesia.id/IST)

Denpasar, Balinesia.id – Kemenangan Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, M.P. dalam Pemilihan Rektor Universitas Warmadewa (Unwar) periode 2023-2027 tidak terlepas dari visinya yang visioner menjadikan institusi tersebut kompetitif di tingkat dunia. 

Akademisi yang sempat menjabat sejumlah jabatan penting di Unwar itu membidik capaian dalam periode kepemimpinannya Unwar dapat menjelma menjadi universitas bermutu yang berwawasan ekowisata dan berdaya saing global di tahun 2034.

Guna merengkuh capaian tersebut, pihaknya pun telah menyiapkan sejumlah langkah, mulai dari peningkatan kapasitas SDM hingga membangun karakter lulusan yang sejalan dengan spirit Sapta Batu, satu di antaranya adalah antikorupsi.

Baca Juga:

“Pertama meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa dengan program SDM unggul yang memenuhi kompetensi sesuai dengan akreditasi sembilan kriteria,” katanya di Denpasar, Kamis, 16 Maret 2023.

Kedua, pihaknya akan mengimplementasikan kurikulum dengan proses pembelajaran outcome based education (OBE) agar menghasilkan lulusan yang berdaya saing di tingkat ASEAN. 

Ketiga, ia juga akan memastikan efektivitas sistem penjaminan mutu internal menuju continuous quality improvement dengan berjalannya siklus PPEPP disertai dengan benchmarking.

Keempat, mengembangkan tradisi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berwawasan ekowisata yang di-diseminasikan dan dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi, internasional, internasional bereputasi (Scopus), serta luaran HKI, paten, TTG, dan buku ber-ISBN. “Dan kelima, membangun karakter lulusan sesuai dengan spirit Sapta Bayu yang dilandasi nilai-nilai Sapta Bayu, antara lain berupa kepemimpinan, integritas, dan antikorupsi,” katanya.

Baca Juga:

Empat tahun ke depan, jebokan Doktor Ilmu Biomedik Universitas Udayana ini juga optimistis dapat meningkatkan ranking institusinya. Saat ini, di tingkat dunia Unwar tercatat berada di peringkat 7.465. Kemudian, di tingkat Asia ada di peringkat 2.946, di ASEAN pada ranking 474, dan di Indonesia berada di peringkat 211. 

Sesuai dengan visi-misinya, Prof. Pandit menargetkan Unwar naik kelas masuk peringkat 150 nasional, 400 di tingkat ASEAN, peringkat 2.800 di tingkat Asia, serta masuk 7.000 di tingkat dunia dari 31.000 lebih institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia.

“Untuk memenuhi peringkat tersebut, maka Universitas Warmadewa harus bekerja keras dengan memanfaatkan dan memacu SDM unggul yang telah dimiliki saat ini serta memenuhi seluruh persyaratan Webometric, sehingga dapat bersaing di tingkat ASEAN,” pungkasnya.

Baca Juga:

Sebagaimana diberitakan, setelah dua periode menjabat, Prof. dr. I Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., secara resmi purnabakti pada 16 Maret 2023. Estafet kepemimpinan Unwar pun pada akhirnya jatuh ke tangan Prof. Pandit setelah menyisihkan tiga orang calon yang diajukan ke Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali. jpd

Editor: E. Ariana
Tags unwarBali denpasarBagikan

Related Stories