KKN PPM Unwar Dukung Ketahanan Pangan Desa Bukian

Pelaksanaan sosialisasi ketahanan pangan di Desa Bukian oleh KKN PPM Unwar. (Balinesia.id/jpd)

Denpasar, Balinesia.id - Universitas Warmadewa (Unwar) melalui Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) tahun 2023 mendukung upaya ketahanan pangan di desa sasaran. Salah satunya dilakukan oleh Kelompok 22 KKN PPM Unwar yang diterjunkan di Desa Bukian, Payangan, Gianyar. 

Menurut dosen pembimbing lapangan, I Made Astu Mahayana, mengatakan dalam program yang digulirkan beberapa waktu lalu, pihaknya menggelar penyuluhan ketahanan pangan kepada masyarakat yang sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Gianyar. “Penyuluhan yang kami gelar adalah untuk mewujudkan Desa Bukian sebagai Desa Puspa Aman atau Pusat Pangan Alami, Mandiri, Asri dan Nyaman,” katanya di Denpasar, Rabu, 1 Maret 2023.

Baca Juga:

Ia menjelaskan, Puspa Aman mencakup usaha setiap rumah tangga untuk menyediakan pangan segar dengan memanfaatkan lahan pekarangannya. ”Selain sosialisasi, perlu adanya proses pendampingan, seperti pendampingan dalam hal peningkatan proses pengetahuan dan manajerial kepada mitra. Oleh karena itu, kami tersebut berharap agar ke depannya kegiatan ini tetap berjalan meskipun kegiatan KKN PPM periode pertama di 2023 telah selesai, mungkin dapat dilanjutkan oleh mahasiswa atau pengabdi-pengabdi lainnya (sustainable),” katanya.

Wakil Dekan III Fakultas Pertanian Unwar, Ir. I Wayan Sudiarta, M.P. yang kala itu turut berperan dalam program mengatakan bahwa Desa Bukian sangat berpotensi untuk menjadi desa agrowisata. Oleh karena itu, ia berharap seluruh elemen masyarakat baik pihak bendesa, maupun masyarakat untuk bekerja sama memajukan desa dalam rangka mewujudkan pembangunan desa yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi salah satu program Desa Bukian.

Baca Juga:

”Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan program ketahanan pangan, dan dapat dimulai dari hal yang kecil, seperti misalnya menanam tanaman cabai di area rumah. Hal ini dipandang penting mengingat harga cabai yang saat ini masih melambung tinggi di pasar. Ini merupakan peluang bagi kita bersama untuk mendapatkan income dan menciptakan lapangan pekerjaan yang baru,” kata dia. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories