Terpilih secara Musyawarah Mufakat, Pemuda Songan Nahkodai Peradah Bangli

Penyerahan Pataka DPK Peradah Indonesia Bangli oleh Ketua DPK Peradah Indonesia Bangli 2018-2021, IK Eriadi Ariana (Jero Penyarikan Duuran Batur) kepada Ketua DPK Peradah Indonesia 2021-2024 Terpilih, I Nyoman Diana, disaksikan Ketua DPP Peradah Bali, KA Widiantara, Sabtu, 18 September 2021. (sumber: Balinesia.id/jpd)

Bangli, Balinesia.id - Setelah merampungkan satu periode kepengurusan, pimpinan DPK Peradah Indonesia Bangli beralih. Pemuda Hindu asal Desa Songan, Kintamani, I Nyoman Diana terpilih secara musyawarah mufakat menggantikan I Ketut Eriadi Ariana (Jero Penyarikan Duuran Batur).

Keterpilihan tersebut dilakukan melalui Lokasabha DPK Peradah Indonesia Bangli Tahun 2021 yang digelar secara hybrid, Sabtu, 18 September 2021. Adapun acara luring dipusatkan di Kantor Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Bangli dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Ketua Terpilih DPK Peradah Indonesia Bangli, I Nyoman Diana, mengucapkan terimakasih atas keputusan forum yang mempercayakan dirinya sebagai Ketua DPK Peradah Indonesia Bangli 2021-2024. Pihaknya pun mengajak seluruh elemen pemuda Hindu di Bangli untuk bersatu, berkolaborasi melanjutkan perjuangan ngayah bagi Bangli.

"Kami tetap mengharapkan sumbangsih ide dan gerakan nyata pemuda Hindu di Bangli. Mari bersama-sama membangun Bangli, ikut andil dalam pembangunan dari hal terkecil yang kita bisa," katanya yang juga memiliki pengalaman sebagai presiden mahasiswa di sekolah tinggi swasta di Bangli itu.

Pasca-terpilih, pihaknya kini tengah melengkapi personalia organisasi, sebelum nantinya akan mempersiapkan program kerja untuk satu periode selanjutnya. "Program kerja yang sudah baik di pengurus sebelumnya akan kami lanjutkan," katanya.

Terhadap hasil lokasabha tersebut, Ketua DPK Peradah Indonesia Bangli 2018-2021, Jero Penyarikan Duuran Batur mengaku sangat senang, sebab forum telah mengambil jalan musyawarah mufakat untuk menentukan pemimpinnya. Hal ini pun dinilai sebagai bentuk kaderisasi dan kesadaran yang telah terbangun dengan baik.

"Pada proses pemilihan ada empat nama yang mengerucut ditunjuk meneruskan kepemimpinan, dan beruntung akhirnya dari keempatnya bisa dipilih secara musyawarah mufakat sesuai rekomendasi yang ditentukan konstitusi di negara kita. Artinya, ini sebuah kedewasaan dalam berorganisasi bahwa yang penting adalah gotong royong, berkontribusi mengembangkan sumber daya pemuda Bangli, bukan sekadar memikirkan struktur, strata, dan kedudukan, tapi esensi kita hadir untuk apa," kata pemuda Hindu asal Desa Batur, Kintamani ini.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa selama tiga tahun hadir di tengah-tengah masyarakat Bangli, jajarannya telah melakukan sejumlah program, yang dominan diarahkan ke literasi, pengembangan sumber daya manusia, serta sosial kemasyarakatan. Ke depan ia berharap capaian-capaian yang telah baik dapat diteruskan untuk membangun Bangli yang “Bhukti, Mukti, Bhakti”.

"Saya kira pemuda harus ambil bagian dalam pembangunan daerah. Dan, saya kira pemuda Bangli saat ini sangat siap intuk ikut serta dalam pembangunan. Kami tidak diam, dan siap dilibatkan oleh pemerintah," pungkasnya.

Harapan senada dinyatakan Ketua DPP Peradah Indonesia Bali, KA Widiantara. Dosen STAHN Mpu Kuturan ini berharap kepemimpinan DPK Peradah Indonesia Bangli 2021-2024 yang telah terbentuk dapat melanjutkan program-program dan capaian yang telah baik dan bisa hadir lebih membumi lagi di tengah-tengah masyarakat Bangli.

"Semoga ke depan bisa lebih baik, bisa sinergi dengan pimpinan di provinsi maupun pimpinan di nasional dalam meningkatkan sumber daya manusia pemuda Hindu," kata Widiantara.

Lokasabha DPK Peradah Indonesia Bangli Tahun 2021 dibuka Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar. Pada pembukaan, politisi PDI Perjuangan itu pun berharap DPK Peradah Indonesia Bangli terus berkontribusi dan bersama-sama membangun Bangli.

"Ini merupakan potensi yang bagus, selain untuk membangun daerah dan menguatkan agama, karya pemuda ini juga dapat mengantisipasi hal negatif maupun konflik," pungkasnya. jpd

Jero P. Ariana

Jero P. Ariana

Lihat semua artikel

Most Popular








Related Stories