Lulusan di Atas Standar Nasional, Unwar Lepas 1.121 Orang Wisudawan pada Wisuda ke-67

Wisuda ke-67 Unwar yang digelar hybrid pada Jumat, 17 September 2021. (Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id - Universitas Warmadewa (Unwar) Bali melepas 1.121 pada Wisuda ke-67 yang digelar Jumat, 17 September 2021. Berdasarkan hasil capaian akademik dan tracer study, lulusan Unwar tercitra di baik di dunia kerja.

Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., mengatakan saat ini capaian akademik lulusannya telah mencapai nilai tertinggi skala empat. "Dilihat dari capain output bidang pendidikan, sudah jauh di atas standar nasional, bahkan semuanya berada pada bobot nilai tertinggi skala empat," katanya dalam wisuda yang digelar secara hybrid dengan prokes ketat.

Ia merinci prestasi akademik lulusannya pada Wisuda ke-67 Unwar. Pada program magister, dari 77 orang yang dinyatakan lulus, 70 orang atau 90,91 persen dinyatakan lulus tepat waktu. Mereka berhasil mengantongi IPK rata-rata sebesar 3,78. Sedangkan, rata-rata masa studi yang dicapai program magistee adalah 1,98 tahun dengan penyelesaian tugas akhir kurang dari 6 bulan sebanyak 64 orang atau 84,21 persen.

Selanjutnya, pada program sarjana lulusan tepat waktu tercatat sebanyak 835 orang atau 79,98 persen dengan IPK rata-rata 3,47, rata-rata masa studi 4,09 tahun, dan penyelesaian tugas akhir kurang dari 6 bulan sebanyak 807 orang atau 78,20.

Adapun rincian wisudawan program sarjana pada wisuda ke-67 yakni 121 orang dari Fakultas Hukum, 457 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 57 orang dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 55 orang dari Fakultas Sastra, 37 orang dari Fakultas Pertanian, 237 orang dari Fakultas Teknik dan Perencanaan, serta 81 orang dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

Widjana menggarisbawahi, meski saat ini capaian akademik yang dicapai lulusannya tergolong baik, tapi capaian itu belumlah cukup. Upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas akademis ke depan pun akan terus diupayakan.

"Dari hasil tracer study yang kami lakuan pada tahun 2021 ini didapatkan masa tunggu lulusan 4,37 bulan, rata-rata gaji Rp 3.027.000, dan kesesuaian bidang kerja mencapai 62,32 persen," katanya.

Hal senada dinyatakan Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si. Ia menegaskan bahwa pihaknya selalu berkomitmen untuk mengembangkan lembaga agar menjadi lembaga yang unggul dan mampu menghadapi tantangan global sesuai visi Unwar "Bermutu, Berwawasan Ekowisata, dan Berdaya Saing Global pada Tahun 2034".

"Dengan berlandaskan Sapta Bayu sebagai Spirit Sri Ksari Warmadewa, yayasan selalu proaktif dalam pengelolaan sumber daya secara sistematis dan terencana dengan di dukung sistem informasi manajemen berbasis informasi teknologi secara online, terutama dalam mendukung program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka, red)," kata dia.

Wisnumurti juga berharap agar para lulusan dapat tetap hadir sebagai agen perubahan sosial di tengah-tengah masyarakat. "Lulusan harus memiliki berkarakter Sapta Bayu, critical thinking, cerdas, inovatif, solutif, dan profesional. Hanya dengan keunggulan yang dimiliki, para lulusan akan mampu mengembangkan potensi dan memenangkan kompetisi guna meraih cita-cita," harapnya. jpd

Editor: E. Ariana
Tags WisudaunwarBagikan

Related Stories