Koster: Redam Egoisme Wujudkan Bali Zona Hijau

Gubernur Bali, Wayan Koster berfoto bersama usai menerima audiensi para pelaku pariwisata Bali. (Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id - Gubernur Bali, Wayan Koster mengajak seluruh masyarakat Bali, utamanya para pelaku pariwisata berjuang bersama mewujudkan kebangkitan pariwisata Bali. Semua hendaknya kolaborasi bersama, meredam egoisme agar kepariwisataan Bali akan cepat bangkit.

Hal itu dinyatakan Koster kala menerima pelaku pariwisata Bali, asosiasi pariwisata serta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali di Jayasabha, Denpasar, Kamis, 16 September. Kala itu, Koster juga didampingi Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Atha Ardhana Sukawati.

"Jadikan ini komitmen kita bersama agar bisa secepatnya Kita wujudkan 
one island green zone. Kalau kita mau lebih cepat, kita harus sama-sama solid, komit, dan meredam egoisme," kata Koster.

Menurut Koster, membangkitkan pariwisata Bali merupakan sebuah keinginan bersama, baik dari Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat. Tidak perlu diragukan, bahwa untuk pariwisata Saya dan Pak Wagub punya komitmen untuk membangkitkan pariwisata Bali. Jadi tidak perlu ragu, bahkan 1 persen pun tidak perlu diragukan," katanya.

Ia mewanti-wanti agar semua elemen bersama-sama bersinergi, gotong royong, dan menyatukan kekuatan kolektif. "Jangan ada yang malah ngerecokin," tegasnya.

Saat ini, Pemprov Bali dinyatakan telah berupaya keras mengendalikan pandemi Covid-19 yang disebutnya sempat mengalami lonjakan kasus dalam beberapa bulan terakhir. Atas kerja keras yang dilakukan, kini kasus Covid-19 dinyatakan mulai melandai. 

“Meskipun demikian, kita harus memahami betul, bahwa kasus positif sangat berpengaruh dengan kedatangan wisatawan. Jika kasus sudah rendah tanpa diundang pun, pasti akan datang wisatawannya. Karena itulah tidak ada pilihan lain selain mengendalikan kasus di Bali,” kata Koster.

Ia mengatakan, program penanganan pasien Covid-19 telah terkelola dengan baik. Selain itu proses vaksinasi dan dibarengi dengan penerapan prokes yang ketat di masyarakat, juga terus dilakukan sebagai elemen vital memutus rantai penyebaran.

"Saya minta dukungan, terutama para pelaku pariwisata untuk mensukseskan kebijakan-kebijakan ini, katanya meyakini kepariwistaan Bali bisa bangkit mengingat pengalaman-pengalaman masa silam uang sempat turut merobohkan pariwisata Bali.

Perwakilan pelaku pariwisata Bali yang juga Ketua Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA) Bali, Yoga Iswara menyatakan pelaku pariwisata serta asosiasi pariwisata di Bali akan kompak mendukung segala upaya dan kebijakan yang diambil pemerintah guna memperjuangkan nasib pariwisata di Pulau Dewata.

“Kami memberi dukungan kepada Bapak Gubernur dan Wagub Bali yang tidak hentinya memperjuangkan Kami. Kita lewati proses luar biasa selama pandemi ini dan kita semua belum pernah menghadapi situasi seperti ini. Untuk itu saya aplause untuk bapak gubernur, mudah-mudahan momentum ini menjadi momentum kebangkitan Kita bersama,” katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories