Ternyata Ini Alasan TikTok Gandeng Tokopedia Jadi Mitra Strategis

Ternyata Ini Alasan TikTok Gandeng Tokopedia Jadi Mitra Strategis (TrenAsia/Debrinata)

JAKARTA -  Kabar soal TikTok baru-baru ini kerap jadi pusat perhatian. Pasalnya, baru saja PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok secara resmi mengumumkan kemitraan strategis. TikTok bahkan akan berinvestasi lebih dari US$1,5 miliar atau Rp23,42 triliun (kurs Rp15.617 per dolar AS) sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia.

Manajemen TikTok yang diwakili Direktur Eksekutif e-Commerce, TikTok Indonesia Stephanie Susilo mengungkapkan bahwa alasan memilik Tokopedia sebagai mitra di Indonesia pasanya memiliki visi dan misi yang sama, yaitu mengembangkan UMKM dan bisnis lokal.

"Kami punya visi dan misi yang sama untuk menjunjung tinggi bisnis lokal, UMKM lokal dan kreator di Indonesia," katanya seusai konferensi pers peluncuran kampanye 'Beli Lokal' Tokopedia-TikTok di Harbolnas 12.12 pada Selasa, 12 Desember 2023.

Stephanie menjelaskan, TikTok akan terus menjalin kemitraan dengan Tokopedia secara berkelanjutan. Namun sayangnya ia tidak memberi penjelasan lebih lanjut terkait langkah ke depan dari kerja sama dua perusahaan teknologi ini.  

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Tokopedia, Melissa Siska Juminto berharap dengan adanya kolaborasi ini pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, bisa mendapatkan panggung yang lebih luas termasuk saat momen Harbolnas 12.12.  

Untuk diketahui, pada tahun 2022, Harbolnas mencatat transaksi sebesar Rp22,7 triliun atau meningkat sebesar 26% dari transaksi di tahun sebelumnya. Pembelian produk lokal pun tercatat meningkat hampir 18% dari pembelian tahun lalu dengan nilai Rp18 triliun.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 12 Dec 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories