5 Ciri-ciri Baterai iPhone Anda Harus Diganti

5 Ciri-ciri Baterai iPhone Anda Harus Diganti (Freepik.com/msgrowth)

JAKARTA - Baterai iPhone pada umumnya dapat bertahan sekitar dua tahun atau bahkan lebih lama. Lalu, bagaimana cara mengetahui kapan harus mengganti baterai iPhone Anda?

Simak beberapa ciri-ciri iPhone yang sudah menunjukkan baterainya yang perlu diganti.

Kapan Baterai iPhone Harus Diganti?

1. Baterai Terlihat Membengkak

Salah satu tanda paling jelas bahwa baterai iPhone Anda perlu diganti adalah ketika baterainya sudah tampak bengkak. Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan, seperti mengisi daya iPhone yang berlebihan, kerusakan baterai fisik, atau memang karena usia.

Baterai yang bengkak dapat menyebabkan casing iPhone jadi menggembung atau melengkung. Permukaan iPhone juga mungkin terasa tidak rata atau sedikit licin ketika ditekan.

2. Daya Tahan Baterai Menurun Drastis

iPhone ditenagai oleh baterai lithium-ion (Li-ion), dan tidak seperti teknologi baterai lama, baterai Li-ion menawarkan masa pakai lebih lama dan waktu pengisian lebih cepat.

Namun ternyata baterai Li-ion memiliki masa pakai yang terbatas. Seiring waktu dan penggunaan yang berulang, baterai iPhone jadi kehilangan kemampuannya untuk menahan dan melepaskan energi secara efisien. Tidak mengherankan jika baterai iPhone cepat menurun secara drastis.

3. Battery Health Kurang dari 80%

Tanda ini adalah cara yang jelas untuk menentukan apakah Anda perlu mengganti baterai iPhone. Hal ini karena menurut Apple, jika battery health iPhone lebih dari 80%, berarti battery health masih terjaga.

4. iPhone Sering Overheat

Baterai yang rusak adalah salah satu dari beberapa alasan mengapa iPhone Anda sekarang jadi terlalu panas. Komponen internal iPhone terkadang menghasilkan panas selama penggunaan rutin dan panas biasanya akan dibuang melalui casing perangkat.

Baterai yang rusak cenderung menghasilkan lebih banyak panas. Hal ini dapat semakin merusak baterai dan memperpendek masa pakainya.

5. Kinerja Aplikasi Lambat

Jika aplikasi di iPhone kinerjanya mulai lambat, bisa jadi ini sudah waktunya Anda mengganti baterai baru untuk iphone Anda. Ketika aplikasi jadi lambat, mungkin sudah saatnya Anda ganti baterai iPhone Anda.

Itu tadi beberapa pertanda kapan Anda harus mengganti baterai pada iPhone.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories