Cara Mengatasi Aplikasi Error Terus Menerus di Ponsel Android

Cara Mengatasi Aplikasi Error Terus Menerus di Ponsel Android (Freepik)

JAKARTA - Anda tentu memiliki berbagai aplikasi yang terpasang atau terinstal di ponsel Android Anda. Namun, tentu terasa menyebalkan ketika aplikasi berhenti berjalan atau mogok saat Anda menggunakannya.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa masalah ini relatif umum terjadi pada ponsel Android dan penyebabnya tidak selalu sama.

Mengapa Aplikasi Error Terus Menerus di Ponsel Android?

Seperti yang dilansir dari How to Geek, alasan paling umum mengapa aplikasi Android mogok atau tidak dapat dibuka adalah karena kurangnya storage atau ruang penyimpanan. Jika tidak ada cukup storage bagi perangkat Anda menjalankan aplikasi dan prosesnya, maka aplikasi tersebut akan terus menerus mogok.

Aplikasi juga bisa berhenti bekerja saat ponsel terlalu panas. Oleh karena itu, untuk mengatasi panas berlebih, Anda bisa menghentikan kinerja aplikasi sampai ponsel menjadi dingin.

Jika versi aplikasi sudah kedaluwarsa atau tidak kompatibel dengan versi Android ponsel, maka bisa jadi aplikasi akan mogok bekerja. Aplikasi juga bisa tidak bekerja saat ponsel tidak terhubung dengan internet.

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Dapat Bekerja atau Error

1. Force Stop

Aplikasi terkadang hanya memerlukan waktu tunggu. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah membuka menu Settings dan membuka tab Aplikasi atau Abb.

Cari aplikasi yang mogok tersebut dan tap di atasnya. Pada laman informasi aplikasi yang terbuka, klik Force Stop untuk menghentikan aplikasi.

2. Hapus Data Aplikasi dan Cache

Jika opsi Force stop tidak berhasil, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghapus data dan cache dari aplikasi. Menghapus cache dan data dari aplikasi mungkin akan menghentikan kerusakan.

3. Perbarui Aplikasi

Aplikasi mulai tidak berfungsi dan mengalami masalah saat dijalankan pada versi lama. Oleh karena itu, Anda bisa memperbarui aplikasi untuk menghilangkan bug yang muncul dan memungkinkan aplikasi berjalan dengan lancar.

4. Uninstall dan Instal Ulang Aplikasi

Menghapus pemasangan dan menginstal ulang aplikasi ternyata dapat menghilangkan file rusak yang telah disimpan dan memulai aplikasi dengan awal yang bersih. 

5. Restart Perangkat

Anda bisa memulai ulang atau restart perangkat untuk mengatasi berbagai masalah Android. Opsi ini akan menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang, mengosongkan memori, dan memberikan pengalaman menggunakan aplikasi seperti pertama kali menggunakannya.

Hal ini karena bug bisa menyebabkan aplikasi berhenti, jadi restart ponsel adalah cara yang mudah membiarkan aplikasi memulai ulang tanpa masalah.

Itu tadi penjelasan mengenai cara mengatasi aplikasi error pada ponsel Android.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories