Simak Cara Memeriksa Battery Health dan Battery Usage di Apple Watch

Cara Memeriksa Battery Health dan Battery Usage di Apple Watch (Apple)

JAKARTA - Saat ini tampaknya kita sering menjumpai orang-orang yang menggunakan Apple Watch. Bahkan, tidak menutup kemungkinan jika Anda juga memilikinya.

Sebagai pengguna yang baik, tentu Anda ingin merawatnya dengan maksimal, salah satunya dengan mengetahui cara memeriksa battery health dan battery usage.

Jika Anda ingin memeriksa battery health dan battery usage dari Apple Watch, Anda dapat melihat informasi ini langsung di aplikasi Settings. 

Hal ini berguna ketika baterai Apple Watch Anda sepertinya tidak dapat bertahan lama seperti biasanya, atau Anda hanya ingin memastikan baterai tetap berada pada kapasitas maksimum selama mungkin.

Cara Mengetahui Battery Health dan Battery Usage pada Apple Watch

Masa pakai baterai yang lebih pendek tidak selalu berarti ada yang salah dengan jam tangan Anda. Penuaan baterai adalah proses umum yang menyebabkan baterai Apple Watch menua seiring berjalannya waktu, sehingga kapasitasnya berkurang secara bertahap.

Hal ini adalah normal untuk semua baterai yang dapat diisi ulang, dan ini terjadi pada semua perangkat, termasuk iPhone Anda. Anda dapat memperlambat penuaan baterai, namun tidak ada cara untuk menghentikannya.

Jika Anda memiliki Apple Watch yang sudah tua, baterainya mungkin tidak lagi berfungsi pada kapasitas maksimum. Berikut cara memeriksa battery health Apple Watch Anda.

  1. Tekan Digital Crown di Apple Watch Anda untuk menampilkan semua aplikasi.
  2. Buka Settings.
  3. Gulir ke bawah dan pilih Battery.
  4. Gulir ke bawah dan ketuk Battery Health.

Setelah Anda dapat melihat persentase Maximum Capacity yang saat ini dapat dicapai oleh baterai Apple Watch Anda. Hal ini adalah persentase dari kapasitas aslinya; 80% biasanya merupakan saat baterai dianggap sudah habis dan mungkin perlu diganti. 

Di bagian bawah, Anda juga akan melihat tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Optimized Charging untuk Apple Watch Anda.

Sama seperti ada cara untuk menghemat masa pakai baterai di iPhone, ada juga metode untuk membuat usia baterai di Apple Watch Anda tahan lama. Detail battery health dan battery usage yang dapat Anda lihat mungkin tidak setepat iPhone, namun dengan memantaunya, Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang seberapa baik baterai Apple Watch Anda bekerja, bahkan setelah Anda menggunakannya selama beberapa tahun.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa battery health dan battery usage dari Apple Watch. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories