Fitur Shopee Live Jadi Favorit dan Paling Diminati UMKM

Ilustrasi berjualan melalui fitur live streaming. (Freepik)

JAKARTA - Bagi Anda yang sering mencari atau membeli barang lewat Shopee, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan fitur Shopee Live. Shopee Live memang memudahkan pembeli untuk berinteraksi langsung dengan penjual.

Bahkan, menurut hasil riset Ipsos, Shopee Live mendominasi sebagai fitur siaran langsung paling diminati oleh brand lokal dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Tingkat kesadaran atau awareness terhadap Shopee Live mencapai puncaknya dengan angka mencengangkan, yaitu 96%. 

Sementara itu, TikTok Live berada di posisi kedua dengan tingkat kesadaran sebesar 87%, dan disusul oleh Lazada Live dan Tokopedia Play dengan tingkat kesadaran masing-masing mencapai 71% dan 62%.

Riset juga mencatat bahwa 62% responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang mampu memberikan peningkatan omzet terbesar. TikTok Live menduduki posisi kedua dengan 26% responden, diikuti oleh Tokopedia Play dengan 7%, dan Lazada Live dengan 6%.

Dalam hal pemanfaatan fitur live streaming, mayoritas brand lokal dan UMKM dari kategori fesyen menjadi pemimpin dengan kontribusi sebesar 56%. 

Kategori kecantikan, perawatan, dan kesehatan menyusul dengan 39%, sedangkan produk sehari-hari atau FMCG mencapai 32%. Kebutuhan gaya hidup juga tidak ketinggalan dengan kontribusi sebesar 17%.

Penting untuk dicatat bahwa survei ini dilaksanakan pada kuartal III-2023 dan melibatkan mayoritas responden yang merupakan pemilik brand lokal dan UMKM di Indonesia. Mereka aktif memanfaatkan berbagai fitur live streaming di berbagai marketplace.

Shopee Menjadi e-Commerce Terfavorit

Menurut hasil survei terbaru dari YouGov, Shopee juga berhasil meraih predikat sebagai platform e-commerce yang paling diminati oleh konsumen di Indonesia. 

Data menunjukkan bahwa sebanyak 73% dari responden aktif berbelanja di e-commerce asal Singapura ini per-Desember 2023. Keberhasilan Shopee mendominasi pangsa pasar ini menjadi sorotan utama, mengukuhkan posisinya sebagai pilihan utama bagi konsumen daring di tanah air.

Tokopedia, yang merupakan salah satu pemain utama dalam industri e-commerce Indonesia, menduduki posisi kedua dalam survei ini. 

Sebanyak 39% dari responden menyatakan bahwa mereka melakukan pembelian online di platform ini dalam kurun waktu satu bulan terakhir. 

Lazada menempati peringkat ketiga dengan 22% responden yang melakukan transaksi belanja online di platform ini dalam sebulan terakhir. 

Adapun pesaing lainnya, seperti Bukalapak, BliBli, dan Zalora, juga mencatatkan kehadiran mereka dalam survei ini. Bukalapak berhasil menarik 6% responden, sementara BliBli dan Zalora masing-masing menyumbang 4% dan 2% dari total responden yang aktif berbelanja dalam sebulan terakhir.

YouGov menjalankan survei ini dengan pendekatan yang komprehensif, mengumpulkan data secara kontinu selama 52 minggu hingga 17 Desember 2023. 

 

Hasil survei kemudian disesuaikan dengan faktor-faktor demografis seperti jenis kelamin, usia, kelas sosial ekonomi, dan tingkat kota untuk mencerminkan secara akurat profil populasi daring dewasa di Indonesia.

 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Idham Nur Indrajaya pada 18 Jan 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories