Rekomendasi Tempat Wisata di Madiun

Rekomendasi Tempat Wisata di Madiun (Foto: Dok. Dinas PUPR Madiun)

JAKARTA - Kota Madiun adalah salah satu kota yang berada di sisi barat Provinsi Jawa Timur. Lokasi kota ini cukup strategis di mana transportasi umum seperti kereta api maupun bis umum melewatinya. 

Akses dari kota menuju jalan tol juga tidak terlalu jauh sehingga masyarakat dengan kendaraan pribadi juga mudah mengaksesnya. Meski kotanya tidak terlalu besar, Madiun memiliki sederet rekomendasi wisata yang patut dikunjungi.

Rekomendasi Wisata di Madiun

1. Pahlawan Street Center

Salah satu replika ikon dunia di PSC (Foto: dok Dinas PUPR Kota Madiun)

Lokasi pertama yang direkomendasikan untuk dikunjungi yaitu Pahlawan Street Center. Lokasinya tepat berada di tengah pusat Kota dan tidak jauh dari Stasiun Madiun. Bila berkunjung ke Kota Madiun dengan Kereta Api, wisatawan cukup berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter saja dari Stasiun menuju Pahlawan Street Center.

Wisata yang berada di tengah kota ini sekilas mirip dengan Malioboro di Kota Yogyakarta. Terdapat banyak bangku dan berbagai ornament yang ditaruh di trotoar tepi jalan. Berbagai lampu jalan juga menghiasi di sepanjang jalan ini. Objek menarik lainnya adalah berbagai replika ikon dunia seperti patung merlion, kincir angin ala Belanda hingga Patung Liberty.

Semuanya disusun secara apik dan menarik tepat berada di samping Balai Kota Madiun. Tidak hanya itu, terdapat replika Ka’bah yang sekaligus berfungsi sebagai musola berada di kawasan tersebut. Bahkan pelataran di sekitar replika Ka’bah itu dibangun persis menyerupai di Mekah.Hal itu kian lengkap dengan adanya dua patung unta yang menyambut di pintu masuknya. Bila bosan berjalan-jalan, wisatawan juga dapat mengunjungi swalayan yang juga berada di kawasan tersebut.

2. Alun-Alun Kota Madiun

Setelah berjalan-jalan di Pahlawan Street Center, wisatawan bisa melanjutkan wisatnya ke Alun-Alun Kota Madiun. Cukup berjalan sekitar 500 meter sudah sampai di lokasi dimaksud. Terdapat Replika Tugu Monas yang berada di sisi selatan Alun-Alun. Berbagai penjaja makanan, minuman, hingga camilan tersedia di kawasan ini sehingga wisatawan bisa bebas memilih.

3. Bogowonto Culinary Center

Bogowonto City Center di awal pembangunan (dok. trenasia.com/ Khafidz Abdulah)

Bogowonto Culinary Center merupakan ikon sekaligus menjadi lokasi wisata kuliner baru di Kota Madiun. Lokasi wisata kuliner ini sangat strategis karena berada di pusat Kota Madiun dan terletak tidak jauh dari alun-alun. Konsep yang diusung oleh Bogowonto Culinary Center yaitu menikmati makanan sambil duduk dan bersantai diatas rangkaian kereta api yang diparkir statis di kawasan Jalan Bogowonto Kota Madiun.

Terdapat empat kereta dan satu gerbong datar yang disulap untuk dijadikan tempat menyantap makanan. Kereta-kereta tersebut bagian dalamnya dimodif sedemikian rupa sehingga nyaman digunakan untuk menyantap hidangan sekaligus memberikan sensasi makan di atas kereta api. Selain itu terdapat replika kereta cepat Whoosh yang terpasang di sisi selatan kawasan.

Daya tarik dari Bogowonto Culinary Center lainnya selain sensasi makan di atas kereta api tentunya tentang menu makanan yang ditawarkan. Terdapat banyak stand makanan dari UMKM Kota Madiun yang berada di kawasan wisata kuliner tersebut. 

Tiap-tiap stand menjajakan makanan yang berbeda-beda sehingga pengunjung memiliki banyak pilihan makanan. Terdapat beragam jenis makanan mulai dari jajanan ringan, makanan berat, minuman dan tidak luput pula makanan khas dari Kota Madiun yaitu nasi pecel.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 29 Jan 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories