Begini Cara Ampuh Manajemen Waktu ala Youtuber Ali Abdaal

3 Tips Manajemen Waktu ala Youtuber Ali Abdaal (Ali Abdaal)

JAKARTA - Manajemen waktu adalah salah satu skill atau keterampilan yang harus kita kuasai. Hal ini karena semakin kita menguasai keterampilan tersebut, kita bisa memaksimalkan waktu dengan maksimal. Anda bisa menyimak tips manajemen waktu salah satunya dari Ali Abdaal.

Ali Abdaal adalah seorang content creator, Youtuber, dokter, dan penulis buku. Ali dikenal karena membuat video tentang produktivitas. Ali Abdaal memiliki saluran YouTube yang populer di mana ia berbagi tips, saran, dan pengalaman pribadinya untuk membantu orang mencapai potensi mereka dalam berbagai aspek kehidupan.

Hingga artikel ini ditulis Ali telah memiliki 5,15 juta pelanggan di salurannya dan telah mengunggah 809 video. 

Melalui blog pribadinya, aliabdaal.com, Ali pernah membagikan tips manajemen waktu yang digunakannnya sehingga bisa produktif setiap hari. 

Berikut ini tips manajemen waktu ala Youtuber Ali Abdaal.

Tips Manajemen Waktu ala Youtuber Ali Abdaal 

1. Waktumu adalah Milikmu

Ali menyebut tips ini “benar-benar mengubah hidup seseorang dan hubungannya dengan waktu”. Bukan tanpa sebab, menurutnya dengan menyadari bahwa kita lah yang memiliki kendali atas waktu kita, mindset kita akan berubah.

Jika seseorang memiliki mindset seperti ini, maka dia tidak bisa lagi mengatakan "Saya tidak punya waktu." Karena sebenarnya yang dia lakukan adalah memilih satu hal dibandingkan hal lainnya.

Ali mencontohkan ketika dirinya memutuskan untuk bermain World of Warcraft selama 6 jam alih-alih berolahraga. Dia bisa mengatakan "Saya tidak punya waktu untuk berolahraga," tetapi sebenarnya dia memilih untuk tidak berolahraga dan bermain game.

2. Hell yeah or no

Hell yeah or no adalah mentalitas sederhana yang diciptakan oleh Derek Sivers, penulis Anything You Want, salah satu dari tiga buku yang paling mengubah hidup Ali.

Dalam bukunya yang berjudul Hell Yeah or No, Derek membagikan mentalitas yang membantunya (dan sekarang orang lain) membuat keputusan yang lebih baik. 

Contohnya ketika seseorang yang berusia muda, mengatakan ya pada berbagai peluang yang menurut mereka memiliki nilai lebih. Namun, seiring perkembangannya dalam berkarier, ia mulai mendapatkan lebih banyak permintaan masuk. 

Hal ini bisa dengan mudah mengakibatkan inbox yang penuh, kalender yang padat, dan tidak ada waktu berkualitas untuk diri sendiri.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan membuat keputusan dengan prinsip Hell Yeah or No dalam pikiran. Jika peluang baru, meeting, kursus, atau bisnis membuat seseorang berkata "Hell Yeah, saya ingin melakukannya!" maka sebaiknya dia mengambil kesempatan tersebut dan melakukannya. 

Tetapi jika responsnya tidak seantusias itu seperti "Mungkin... Saya harus berpikir tentang itu," sebaiknya dia tak mengambil kesempatan itu. 

3. Highlight Harian

Highlight Harian adalah tip manajemen waktu dari buku produktivitas favorit Ali, Make Time, karya John Zeratsky dan Jake Knapp. 

Ide dari highlight harian ini adalah dengan memilih satu tugas spesifik yang ingin diselesaikan selama hari itu. Teknik sederhana ini efektif karena bisa menyelamatkan seseorang dari daftar tugas yang terlalu panjang.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 26 Jan 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories