Cara Memanfaatkan ChatGPT untuk Baca File Format PDF

Cara Menggunakan ChatGPT untuk Baca File Format PDF (freepik)

JAKARTA - ChatGPT dari OpenAI adalah salah satu chatbot yang cukup populer akhir-akhir ini. Pasalnya, teknologi kecerdasan buatan yang ada di ChatGPT dapat dimanfaatkan untuk mencari berbagai hal bahkan dapat membuat suatu naskah atau teks sehingga memudahkan penggunanya. 

Akan tetapi, mungkin Anda masih kesulitan memanfaatkan ChatGPT untuk memperoleh informasi dari file berformat PDF. Jika Anda masih kebingungan, coba simak beberapa trik berikut ini.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh informasi dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti dari file PDF dengan memanfaatkan ChatGPT.

Cara Memperoleh Informasi dari File Format PDF dengan ChatGPT

1. Gunakan Link URL PDF

ChatGPT dapat memberikan referensi dari link url PDF yang Anda berikan. Jika file PDF Anda masih ada secara online, Anda tinggal copy link dan paste link URL tersebut ke halaman prompt ChatGPT. Anda akan bisa langsung mendapatkan rangkuman poin-poin utama dari halaman URL yang telah Anda minta.

2. Salin Teks dari File PDF

Jika Anda memiliki salinan PDF di komputer Anda, cara termudah adalah dengan menyalin teks yang Anda perlukan dari PDF. Setelah ditempelkan ke prompt ChatGPT, Anda bisa memasukkan perintah Anda seperti membuat poin-poin utama dari teks tersebut.

3. Mengubah File PDF Menjadi Dokumen Teks

ChatGPT bisa Anda gunakan untuk membaca teks. Namun, meski file PDF sudah berisi teks, tidak mudah untuk diedit. Oleh karena itu, jika Anda ingin bekerja menggunakan file PDF tersebut Anda harus mengubahnya ke format yang lebih mudah dikelola yaitu bentuk dokumen teks atau Word.

Anda bisa langsung mengubah file PDF yang berbasis teks menjadi file Word langsung di Microsoft Word atau Google Drive. Jika Anda sudah mengubahnya, Anda dapat menyalin teks langsung ke ChatGPT dan memberikan perintah di ChatGPT agar Anda memperoleh hasil yang Anda inginkan.

ChatGPT adalah alat serbaguna yang dapat menangani berbagai tugas berbasis teks dengan mudah. Namun, ketika bekerja dengan PDF, mungkin bagi beberapa orang hal tersebut bisa menjadi tantangan. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan beberapa cara di atas untuk membaca file PDF dengan ChatGPT. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Ananda Astri Dianka pada 27 Jan 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories