Berbagai Isu yang Jadi Sorotan Generasi Z dan Milenial dalam Pemilu 2024

Isu-isu yang Jadi Sorotan Generasi Z dan Milenial dalam Pemilu 2024 ((Foto: Tangkapan Layar Youtube KPU RI)

JAKARTA – Ekspektasi masyarakat Indonesia terhadap berbagai isu tanah air dapat diketahui melalui data survei dari Populix yang mengungkap permasalahan terbesar di Indonesia dari sudut pandang responden. 

Pemberantasan korupsi mendominasi dengan 33%, diikuti oleh peningkatan kualitas hidup (21%), menciptakan lapangan kerja (19%), dan meningkatkan standar pendidikan (12%). 

“Dalam pemilu presiden, 24% responden menganggap ekonomi dan pembangunan sebagai isu utama, diikuti oleh korupsi (19%) dan pendidikan (11%),” kata Vivi Zabkie, Head of Social Research Populix, Rabu 24 Januari 2024.

Terdapat beberapa sarana bagi pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan sosial dan pemerataan ekonomi termasuk meningkatkan lapangan kerja berkualitas (81%), akses terhadap pendidikan dan pelatihan (76%), serta aksesibilitas layanan kesehatan (65%). 

Kesetaraan sosial, keragaman, dan inklusi budaya juga menjadi sorotan, dengan 24% responden menyarankan penciptaan lingkungan yang lebih inklusif dan adil.

Ketika membahas kesempatan kerja dan peluang ekonomi bagi generasi muda, 83% responden berharap pemerintah dapat menciptakan lebih banyak lapangan kerja. Sebanyak 72% memandang pentingnya transparansi dan akuntabilitas pemerintah, dengan harapan agar pemerintah dapat bersih dari korupsi. 

Peran inovasi dan teknologi dalam membentuk masa depan Indonesia juga ditekankan. 65% responden melihat inovasi dan teknologi sebagai sarana untuk membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan kualitas hidup. 

Meskipun demikian, 67% responden mengakui potensi ancaman seperti pelanggaran privasi data dan penyebaran misinformasi. Sementara itu, isu lingkungan yang dianggap mendesak untuk ditangani oleh presiden termasuk polusi udara (82%), pengolahan limbah (78%), antisipasi banjir (64%), dan kerusakan serta kebakaran hutan (57%). 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Ananda Astri Dianka pada 25 Jan 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories