Rapimnas Kadin di Bali Diharapkan Bangkitkan Sektor Pariwisata

konferensi pers Rapimnas Kadin Indonesia di BNDCC, Nusa Dua, Jumat (3/12/2021). (Kadin)

Badung, Balinesia.id - Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Nusa Dua Bali dengan harapan bisa turut membangkitkan sektor pariwisata Bali yang terpuruk saat pandemi Covid.

WKU Bidang Organisasi Kadin Indonesia sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Rapimnas, Eka Sastra mengatakan, Bali dipilih sebagai tempat acara tak terlepas dari tema yang diangkat, Bangkit Bersama.

Diharapkan, dengan berhasilnya Bali menyelenggarakan acara besar seperti Rapimnas KADIN Indonesia akan membuat sektor pariwisata bangkit.

Tema ini memang sejalan dengan upaya Kadin Indonesia untuk memulihkan kesehatan dan Ekonomi di Indonesia, khususnya lagi Bali.

Menurut Eka Sastra , magnet Bali sebagai destinasi wisata masih sangat kuat, bukan hanya bagi turis lokal, tapi juga turis mancanegara.

"Jadi melalui Rapimnas ini diharapkan bisa ada efek domino ekonomi, membangkitkan juga pariwisata, konsumsi, ritel, perhotelan, UMKM dan industri kreatif sehingga ekonomi bergerak," jelas Eka Sastra saat konferensi pers di BNDCC, Nusa Dua, Jumat (3/12/2021).  

Ketua Umum Arsjad Rasjid menambahkan, Rapimnas ini, dihadiri semua perwakilan Kadin Daerah dari 34 Provinsi dan asosiasi yang tergabung dalam Kadin Indonesia.

"Rapimnas ini ajang kita berkonsolidasi, menyamakan visi-misi dan program-program dari 4 pilar utama untuk membantu pemerintah mempercepat pemulihan kesehatan dan ekonomi di masa pandemi ini," ujar Arsjad Rasjid.

Spirit dari UU Cipta Kerja perlu diambil. Spirit mempercepat dan permudah investasi, ada lapangan kerja bagi masyarakat dan mengurangi kemiskinan. Lalu kuatkan ekonomi daerah, kebijakannya jangan disamakan, tapi lihat potensi daerahnya.

"Ingat, ekonomi daerah kuat, ekonomi nasional akan kokoh," tegasnya lagi.

Koordinator WKU I Bidang Organisasi, Hukum dan Komunikasi Kadin Indonesia yang juga Ketua Steering Committee Rapimnas, Yukki Nugrahawan Hanafi, mengatakan Rapimnas akan menggelar forum bisnis dengan pihak pemerintah yakni menteri dengan 4 skala prioritas, yakni Transformasi dan Industri Kesehatan, Kewirausahaan dan Investasi, Pemberdayaan UMKM  dan Net Zero Emission.

Presiden Jokowi hadir membuka Rapimnas sekaligus mengukuhkan kepengurusan Kadin Indonesia 2021-2026. ***


Related Stories