Punya Kasiat Terapi, Pantai Giri Emas Buleleng Ditetapkan sebagai DTW

Pantai Giri Emas. (Oka/Balinesia,id)

Buleleng, Balinesia.id – Pantai Giri Emas, Desa Giri Emas, Sawan, Buleleng ditetapkan sebagai Daerah Tujuan Wisata (DTW). Penetapan pantai yang memiliki potensi pasir untuk terapi kesehatan itu dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng akhir pekan lalu.

Bendahara Bumdes Desa Giri Emas, Nyoman Budayana kepada Balinesia.id, Selasa, 12 April 2022 menyatakan bahwa penetapan pantai tersebut sebagai DTW merupakan upaya memberdayakan potensi Desa Giri Emas. Penetapan pantai sebagai DTW diharapkan dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga:

Sebelumnya, kawasan Desa Giri Emas belum menjadi Daerah Tujuan Wisata (DTW) sehingga kawasan belum tertata dengan baik. Padahal, kata dia, Desa Giri Emas memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata baik dari budaya dan pantainya.

“Dari budaya kami ada atraksi Bukakak yang dilaksanakan pada Sasih Kadasa dan untuk pantai kami punya pasir pantai yang bisa digunakan untuk terapi," kata dia.

Ke depan, penetapan pantai tersebut diharapkan dapat menjadikan Desa Giri Emas sebagai desa wisata berbasis kombinasi, di mana wisata spiritual, budaya, agro, bahari, dan kesehatan menjadi potensi wisata yang unggul dan diminati semua kalangan masyarakat.

Pelaksana peresmian pantai melibatkan Pemerintah Desa Giri Emas yang bekerja sama dengan Pokdarwis Giri Kerta, Bumdes Labdajaya, dan Desa Adat Sangsit Dangin Yeh. Kegiatan penetapan itu pun dimeriahkan dengan pertunjukan seni, tari-tarian, dan pertunjukan musik. oka

Editor: E. Ariana

Related Stories