Presiden Jokowi: Sekarang Ini Saatnya Berbelanja, Bukan Berhemat untuk Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2023, yang digelar di Ballroom Hotel Novotel, Kota Balikpapan, pada Kamis, 23 Februari 2023. (Biro Pers Setpres)

Jakarta, Balinesia.id - Presiden Joko Widodo menegaskan saat ini waktunya yang tepat untuk membelanjakan uang dan tidak berhemat karena momentum tepat untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

Itulah yang menjadi rumus jitu Presiden Jokow Widodo atau Jokowi untuk menggairahkan kembali roda perekonomian.

"Kita harus mendorong masyarakat agar belanja itu bisa sebanyak-banyaknya, untuk men-trigger pertumbuhan ekonomi kita," ucap Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2023, yang digelar di Ballroom Hotel Novotel, Kota Balikpapan, pada Kamis, 23 Februari 2023.

Jokowi meminta para gubernur mendorong belanja masyarakat dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Pada tahun 2023 ini saja, terdapat lebih dari 3.000 pagelaran seni budaya dan olahraga di Indonesia yang dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional.

Karenanya, Jokowi meminta jajarannya untuk mempermudah dan mempercepat pemberian izin penyelenggaraan.

Pesan sama sudah dititipkan Jokowi kepada pesan ke Kapolri, sekarang bertemu para gubernur, wakil gubernur, dan sekda juga dititipkan agar izin-izin masalah ini jangan ada yang dihambat karena menyangkut belanja masyarakat.

Adanya kemudahan dan kecepatan dalam pemberian izin tersebut, maka dapat membantu penyelenggara dalam mempromosikan acaranya dengan lebih baik.

“Izin itu harus sebulan sebelumnya sudah harus keluar," sambungnya.

Akan lebih bagus lagi, jika bisa 2 bulan sebelumnya sudah dikeluarkan sehingga yang memiliki acara itu bisa mempromosikan acaranya dengan baik.

Hal penting lainnya, agar kawasan wisata di daerah untuk dapat dikembangkan dan dipromosikan dengan baik sehingga bisa menarik minat masyarakat untuk berwisata.

Kepala daerah mendorong UMKM bisa berjualan di sekitar kawasan wisata agar masyarakat belanja sebanyak-banyaknya.

Rumusnya justru pemerintah mendorong masyarakat untuk belanja, bukan hemat sekarang ini.

"Beda lagi karena kita membutuhkan pertumbuhan ekonomi tetap terjaga dan kalau bisa justru naik," tandasnya.

Turut hadir Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. Turut hadir pula antara lain Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto. ***

 


Related Stories