KKN-PPM Unwar Bantu Pelaku UMKM Tingkatkan Penjualan Melalui Pemasaran Online

KKN Mahasiswa Universitas Warmadewa di Denapsar (Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id- Kuliah Kerja Nyata - Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) Universitas Warmadewa turut meningkatkan penjualan pelaku UMKM melalui pemasaran online dan manajemen keuangan.

Sebanyak 28 mahasiswa KKN-PPM (Kuliah Kerja Nyata - Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) Universitas Warmadewa  

Wakordes mahasiswa KKN Desa Dangin Puri Kaja Nanda Tri Wahyuni mengungkapkan, dalam persoalan UMKM, dengan adanya pelaksanaan program pendampingan dapat mambantu UMKM dalam meningkatan penjualan melalui pemasaran online dan manajemen keuangan.

Pendampingan pemasaran online contohnya pada UMKM Serati Banten  yang awalnya hanya melakukan penjualan offline menjadi tersedia secara on-line.

"Dengan harapan dapat membantu pelaku UMKM menjadi lebih mudah terjangkau konsumen akan tetapi sudah bisa diakses lewat media online dan bekerja sama dengan pesan antar online," kata Nanda Tri Wahyuni.

Pihaknya turut mendorong upaya penguatan Usaha Kecil Mikro Menengah UMKM dan ketahanan pangan di Desa Dangin Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar.

KKN-PPM Universitas Warmadewa di Desa Dangin Puri Kaja mengangkat tema besar  ‘Optimasi Potensi Desa Melalui Pemberdayaan Masyarakat Guna Meningkatkan Ketahanan Pangan Desa’. 


Rangkaian kegiatan KKN-PPM Universitas Warmadewa dimulai akhir bulan Desember hingga pertengahan bulan Maret.

KKN-PPM Universitas Warmadewa dilaksanakan selama 1 bulan mulai pelepasan mahasiswa KKN-PPM pada tanggal 31 Januari 2023 dan pelaksanaan KKN-PPM pada tanggal 1 Februari sampai 2 Maret 2023.


Penyerahan mahasiswa KKN-PPM-PPM di Desa Dangin Puri Kaja oleh dosen pembimbing KKN-PPM-PPM kepada Perbekel Desa Dangin Puri Kaja Bapak A.A. Ngr. Gede Cahyadi,S.H dan disaksikan oleh Pelaksana wilayah Banjar Umasari pada Rabu1 Februari 2022.

Dosen pembimbing  Dr. A.A Media Martadiani, memberikan arahan kepada mahasiswa kelompok 25 agar kegiatan KKN-PPM yang berlangsung di Desa Dangin Puri Kaja terselenggara dengan lancar serta bermanfaat bagi masyarakat desa.

Mahasiswa diharapkan untuk menjaga sikap sopan santun dan selalu bisa bergaul dengan baik di masyarakat desa.

Dia juga menyampaikan agar mahasiswa dapat mempraktekkan ilmunya yang didapatkkan di kampus untuk dapat diterapkan di desa.

Dengan beragamnya jurusan mahasiswa yang terlibat di dalamnya diharapkan program kerja yang akan dilaksanakan dapat membantu masyarakat dari berbagai rumpun ilmu yang didapat mahasiswa di kelas.

Merujuk audiensi yang sudah dilakukan mahasiswa dengan pihak desa, sejumlah program kerja mahasiswa selama satu bulan meliputi  bidang ekonomi, kesehatan, dan pendidikan. 

 


Koordinator Desa mahasiswa KKN Desa Dangin Puri Kaja I Made Surya Adi Putra meyampaikan tidak hanya berfokus pada penguatan UMKM saja, penguatan pada aspek rumah tangga juga dilakukan yaitu pendampingan dan pembinaan rumah tanggal.

Khususnya dalam pemanfaatan tanah rumah yang kosong atau lahan rumah yang sempit untuk dijadikan kebun penanaman sayur sebagai bentuk penguatan ketahanan pangan skala rumah tangga.


Hal tersebut dilakukan agar mulai dari skala rumah tangga untuk bisa mandiri dalam pemenuhan pangan untuk skala keluarga, apabila nantinya sukses dalam skala keluarga bisa diterapkan pada skala yang lebih besar lagi yaitu pemasaran.

Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam optimalisasi pemanfaatan lahan yaitu penanaman secara urban farming dapur seperti cabai

Program-lainnya yang  dijalankan seperti program edukasi kepada anak-anak sekolah tingkat dasar pentingnya pelestarian lingkungan sekitar yang langsung di praktekkan dari rumah dengan membawa hasil karya ke sekolah.

Tujuan dari program yaitu memberikan edukasi sejak dini kepada anak-anak bagaimana lingkungan kotor akibat  membuang sampah sembarangan.

Tak kalah pentingnya, memotivasi anak-anak sekolah dasar mengenai pentingnya mejaga kelestarian alam dan pengelolaan sampah yang bisa dijadikan suatu usaha ekonomi kreatif.

Kegiatan program akan terus dilaksanakan sampai akhir pelaksanaan KKN-PPM 2 Maret 2023. ***

Tags KkN Bagikan

Related Stories