Sambut Wisatawan Tiongkok, Cok Ace Soroti Praktik “Jual Beli Kepala”

Cok Ace. (Balinesia.id/IST)

Denpasar, Balinesia.id – Bali bersiap menerima kedatangan wisatawan Tiongkok. Terkait hal tersebut, Gubernur Bali, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) menyoroti praktik “jual beli kepala” yang dulu pernah menghebohkan Bali.

Menurut Cok Ace praktik “jual beli kepala” adlaah isu terpenting dalam persiapan Bali menyangkut wisatawan Tiongkok. Sebagaimana dalam ingatan, sebelum pandemi Covid-19, isu ini pernah mengemuka dan heboh di Bali, di mana praktiknya dilakukan sejumlah oknum agen perjalanan di Tiongkok.

Baca Juga:

“Saya mendengar juga ada banyak keluhan, tidak hanya oleh masyarakat kita namun juga oleh wisatawan Tiongkok sendiri bahkan dari Konjen Tiongkok di Bali. Karena hal tersebut juga merugikan para wisatawan tidak bisa menikmati Bali dengan baik,” katanya dalam Rapat Persiapan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Provinsi Bali bersama OPD terkait dan stakeholder pariwisata di Ruang Rapat Praja Sabha, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Senin, 20 Februari 2023.

Baca Juga:

Cok Ace yang juga Ketua PHRI Bali ini menilai, kuantitas wisatawan Tiongkok tidak bisa dipandang sebelah mata. Mereka selalu menjadi salah satu jumlah wisatawan tertinggi ke Bali. 

“Jadi, kita harus benar-benar mempersiapkan segala sesuatu, dari segi regulasi hingga penunjang lainnya, sehingga target kunjungan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan daerah bisa terwujud,” kata dia.

Baca Juga:

Pada kesempatan tersebut, ia juga menginstruksikan jajarannya agar menindak tegas jika masih ditemukan praktik-praktik yang tidak sehat dalam pengelolaan pariwisata Bali. Harapannya, kejadian seperti itu tidak berulang lagi di Bali.

“Kepada stakeholder pariwisata, baik HPI atau ASITA agar membantu kami melaporkan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan di lapangan. Sehingga kolaborasi antara pemerintah, sektor pariwisata dan masyarakat bisa mempercepat masalah ini,” kata dia sembari mengatakan Pemerintah Provinsi Bali berkomitmen membenahi pariwisata Bali secara holistik. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories