Mantap! DAMRI Kini Hubungkan Singkawang ke Malaysia

Mantap! DAMRI Kini Hubungkan Singkawang ke Malaysia (null)

SINGKAWANG - Perusahaan BUMN satu-satunya yang beroperasi di bidang transportasi jalan, DAMRI resmi membuka layanan perjalanan internasional yang dapat menghubungkan Singkawang, Kalimantan Barat menuju Kuching, Malaysia.

Peluncuran rute baru dari DAMRI tersebut merupakan bagian dari strategi ekspansi global DAMRI. Dengan adanya rute baru ke Malaysia ini, diharapkan masyarakat dapat memiliki opsi perjalanan internasional yang berbeda dan terjangkau bagi masyarakat.

Soft launching rute perjalanan Singkawang - Kuching dilakukan oleh Direktur Komersial dan Pengembangan, Dadan Rudiansyah pada Jumat, 1 Desember 2023, di Singkawang Grand Mall, Kalimantan Barat.

Dadan mengatakan layanan ini hadir sebagai bentuk solusi transportasi yang lebih terintegrasi dan nyaman bagi masyarakat di Indonesia dan Malaysia.

“Sebuah langkah luar biasa yang diambil oleh DAMRI sebagai bentuk komitmen manajemen dalam mendukung konektivitas, mobilitas, dan kerja sama lintas batas negara antara Indonesia dan Malaysia,” lanjut Dadan.

Dadan menyebutkan hadirnya layanan yang menghubungkan Singkawang dengan Kuching sebagai tanda kerja sama yang erat antara pemerintah Indonesia dan Malaysia melalui Forum Sosek Malindo

Rute Singkawang - Kuching yang ditawarkan adalah layanan transit di mana penumpang melakukan pergantian bus di Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk. Setelah itu mereka melanjutkan perjalanan dengan Bus Biara Mas yang telah menjalin kerja sama dengan DAMRI. 

Sistem transit bus tersebut merupakan inovasi yang diterapkan oleh DAMRI untuk mempermudah dan meningkatkan efisiensi perjalanan lintas batas.

“Hal ini tidak hanya mempercepat proses lintas batas, tetapi juga meningkatkan kenyamanan pelanggan melakukan aktivitas perjalanan lintas batas negara,” jelas Dadan.

Namun, DAMRI berupaya untuk layanan Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) dari Singkawang – Kuching dapat dioperasionalkan dengan skema direct services untuk memberikan kenyamanan ekstra bagi masyarakat terkhusus pelanggan dan meningkatkan daya saing layanan transportasi lintas batas negara.

“Dengan komitmen ini, DAMRI berupaya memberikan layanan langsung, efisien, dan nyaman bagi masyarakat kedua negara. Melalui direct services, perjalanan antara Singkawang dan Kuching akan menjadi lebih efektif, mengurangi waktu tempuh, dan meminimalkan perpindahan antarbus,” harap Dadan.

Rute yang dilayani adalah Singkawang – Kuching melalui Sambas – PLBN Aruk – Border Biawak – Lundu. Jadwal operasional dari Singkawang dimulai dari Singkawang Grand Mall pukul 06.00 WIB, sementara dari Kuching dimulai dari Kuching Central Terminal pukul 10.00 waktu setempat.

Tarif untuk layanan ini adalah Rp300.000 atau setara dengan RM 100. Armada yang tersedia untuk layanan kelas eksekutif memiliki kapasitas 34 kursi. Dengan frekuensi keberangkatan harian, layanan ini memungkinkan masyarakat untuk dengan mudah terhubung ke berbagai tujuan utama di Malaysia.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 07 Dec 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories