Catat! Ini Cara Daftar dan Rute Mudik Gratis Nataru Bersama Kemenhub

Catat! Ini Cara Daftar dan Rute Mudik Gratis Nataru Bersama Kemenhub (trenasia.com)

JAKARTA – Inilah rute dan cara daftar program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat dalam rangka menyambut libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Direktur Angkutan Jalan Suharto juga mengatakan bahwa program mudik Nataru akan dilaksanakan mulai dari 20 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 tahun depan. Ia juga menambahkan bahwa penyelenggaraan mudik gratis ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan kelancaran selama perjalanan pulang kampung tersebut. 

“Sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, maka kami akan menyelenggarakan Mudik Gratis di libur Nataru ini,” ujarnya dalam keterangan resmi dikutip Rabu, 6 Desember 2023. 

Dengan merujuk pada hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT), diperkirakan sekitar 35,57% atau setara dengan 39,97 juta pergerakan masyarakat akan memilih mobil, dan sekitar 17,92% atau sebanyak 20,14 juta orang akan memilih sepeda motor selama periode libur Nataru. 

Selain itu, BKT juga mengestimasi bahwa jumlah keseluruhan masyarakat yang akan bepergian mencapai 107,63 juta atau sekitar 39,83% dari total populasi nasional, dengan mayoritas dari mereka menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun sepeda motor.

Untuk itu, Ditjen Perhubungan Darat, kata Suharto telah menyediakan 90 unit bus AKAP dan Pariwisata dengan total 3.600 penumpang. Untuk kendaraan sepeda motor disiapkan untuk 120 unit dengan 4 truk.

Cara Pendaftaran dan Rute Mudik Gratis Nataru Bersam Kemenhub

Suharto menerangkan pendaftaran untuk program ini dapat dilakukan secara daring melalui aplikasi Mitra Darat mulai dari tanggal 5 Desember 2023 hingga 20 Desember 2023. Apabila belum memiliki aplikasi tersebut, calon pemudik dapat mengundugnya di Google Play Store.  

Setelah mengunduh aplikasi tersebut, kata Suharto, calon pemudik tinggal melakukan pendaftaran sesuai langkah-langkah yang diarahkan dari aplikasi Mitra Darat. 

Usai mendaftar online, calon pemudik harus melakukan verifikasi secara offline di kantor pusat Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M untuk wilayah Jakarta, serta Terminal Pondok Cabe untuk wilayah Tangerang Selatan.

Lantas, untuk memastikan bahwa bus dan truk yang akan digunakan sebagai armada Mudik Gratis Nataru memenuhi standar, akan dilakukan pemeriksaan (ramp check) pada tanggal 18-20 Desember 2023. 

Suharto mengatakan keberangkatan sepeda motor bersama truk akan dijadwalkan Kemenhub pada Jumat, 22 Desember, yang akan dimulai dari Terminal Tipe A Pondok Cabe. 

Sementara pelepasan mudik gratis bagi penumpang bus akan dijadwalkan pada Sabtu, 23 Desember 2023, dan akan dilaksanakan dari Terminal Kampung Rambutan DKI Jakarta dan Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Berikut adalah daftar rute untuk program mudik gratis dari Kemenhub:

  1. Jakarta-Solo
  2. Jakarta-Yogyakarta
  3. Jakarta-Surabaya
  4. Jakarta-Wonosobo
  5. Jakarta-Semarang
  6. Jakarta-Wonogiri
  7. Jakarta-Cilacap
  8. Jakarta-Purwokerto
  9. Jakarta-Malang
  10. Jakarta-Kediri
  11. Jakarta-Madiun
  12. Bus Disabilitas

Jadwal keberangkatan untuk mudik gratis sepeda motor mencakup dua kota tujuan, yaitu:

  1. Jakarta-Solo
  2. Jakarta-Yogyakarta

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Alvin Pasza Bagaskara pada 06 Dec 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories