7 Tanda Peringatan Anda Minum Kopi Terlalu Banyak

7 Tanda Peringatan Anda Minum Kopi Terlalu Banyak (Freepik)

JAKARTA - Saat ini coffee shop semakin menjamur dan menawarkan berbagai kopi dengan harga terjangkau. Tidak mengherankan jika hal tersebut memudahkan kita untuk minum kopi setiap hari. 

Tidak dapat dipungkiri jika rasa dari kopi memang nikmat. Selain itu, khasiat atau manfaatnya juga bisa berguna untuk kesehatan tubuh.

Mungkin, hal itulah yang membuat orang-orang jadi ketagihan minum kopi, bukan hanya di pagi hari saja. Lalu, apakah boleh minum kopi terlalu banyak?

Dampak Minum Kopi Terlalu Banyak

Seperti yang dilansir dari Eat This pada Jumat, 8 Desember 2023, menurut survei Statista terhadap lebih dari 800 peminum kopi di Amerika, 29 persen responden mengonsumsi rata-rata dua cangkir kopi per hari di rumah.

Meski jumlah tersebut tampak masuk akal, ternyata tidak semua orang membatasi diri hanya pada dua cangkir saja. Faktanya, 36 persen responden ternyata mengonsumsi lebih dari 3 cangkir per hari, dengan 9 persen peminum kopi meminum 6 cangkir kopi bahkan lebih.

Meski konsumsi kopi dalam jumlah sedang memiliki manfaat untuk kesehatan, penelitian menunjukkan bahwa meminum antara 500 hingga 600 miligram kafein dan lebih banyak lagi dapat menimbulkan risiko kesehatan.

Hal ini dapat menyebabkan suatu kondisi yang dikenal sebagai ‘caffeinism’, yang menimbulkan kegelisahan, kecemasan, mudah tersinggung, agitasi, tremor otot, insomnia, gejala penyakit kardiovaskular, sakit kepala, dan keluhan gastrointestinal lainnya.

Tanda-tanda Anda Minum Kopi Terlalu Banyak

1. Mulai Muncul Gejala Tak Diinginkan

Jika Anda sudah mulai merasakan sensasi tidak menyenangkan, hal itu bisa disebabkan karena jumlah kafein yang Anda peroleh dari semua kopi yang telah Anda minum.

Asupan kafein dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan gejala tertentu yang tidak diinginkan, seperti sakit kepala, detak jantung cepat, atau mudah tersinggung. 

2. Tidur Tidak Berkualitas

Jika Anda tidak dapat menikmati tidur malam usai minum kopi, Anda mungkin harus mempertimbangkan meneruskan kebiasaan ini.

Minum kopi terlalu dekat dengan waktu tidur atau menggunakannya untuk mengimbangi kurang waktu tidur dapat memengaruhi pola tidur dan kesehatan Anda secara keseluruhan. 

Padahal, tidur cukup setiap malam sangat penting, karena dapat membantu mengurangi risiko diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi.

3. Anda Kurang Berenergi

Anda mungkin beralih ke kopi sebagai minuman utama. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa hal itu dapat menguras energi Anda.

Hal ini karena jika Anda terus menerus minum kopi untuk menambah energi, hal itu dapat mengganggu jadwal tidur Anda. Kondisi tersebut dapat membuat Anda bangun dengan perasaan lebih lelah yang akhirnya merasa kurang berenergi sepanjang hari.

4. Anda Menderita Maag

Kopi menjadi salah satu minuman yang bersifat asam dan berisiko mengiritasi lapisan usus dan menyebabkan mulas atau heartburn. 

5. Anda Jadi Sakit Perut

Selain menyebabkan maag, sakit perut atau mual yang Anda alami bisa jadi disebabkan karena semua kopi yang Anda minum, apalagi jika Anda minum kopi dalam keadaan perut kosong.

6. Anda Lebih Stres

Secangkir besar berisi kopi yang Anda minum sepanjang hari mungkin justru memperburuk kondisi stres. Hal ini karena berkat kafein, kadar kortisol jadi meningkat.

7. Anda Mengalami Dehidrasi

Jika Anda merasa semakin haus usai minum banyak kopi, mungkin hal itu saling berkaitan. Kafein memiliki efek diuretik yang dapat memengaruhi hidrasi. Jika Anda minum banyak kopi sampai mengalami dehidrasi, pastikan tidak lupa menjaga kebutuhan air Anda.

Itu tadi beberapa pertanda yang menunjukkan Anda sudah minum kopi terlalu banyak. Apakah Anda mengalaminya?

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories