Sambut Momen Nataru, AirAsia Siapkan 25.200 Kursi Tambahan

Sambut Momen Nataru, AirAsia Siapkan 25.200 Kursi Tambahan

JAKARTA - PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) dikabarkan telah mengumumkan rencananya untuk menambahkan 25.200 kursi penerbangan tambahan selama momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Direktur Utama Indonesia AirAsia Veranita Yosephine juga turut menyatakan bahwa peningkatan jumlah penerbangan bertujuan untuk menyesuaikan dengan permintaan tinggi pada beberapa rute, seperti Jakarta, Denpasar, Medan, Silangit, Surabaya, dan Kuala Lumpur.

“Indonesia AirAsia bersiap mengantisipasi potensi lonjakan penumpang dengan menyediakan pesawat tambahan. Langkah strategis ini kami ambil untuk memastikan ketersediaan dan memberikan lebih banyak pilihan penerbangan bagi penumpang, terutama pada rute-rute menuju destinasi wisata,” katanya dikutip dari keterangan resmi pada Kamis, 07 Desember 2023. 

Veranita menjelaskan peningkatan jumlah penerbangan akan dimulai dari 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024. Hal ini selaras dengan proyeksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bahwa permintaan perjalanan di Indonesia selama periode Nataru akan meningkat hingga 80%.

Proyeksi Kemenhub itu akan terjadi dalam rentang 24 hari, yakni 16 Desember 2023 - 8 Januari 2024 mendatang, dengan moda transportasi udara menjadi yang keempat paling diminati di seluruh wilayah.

Lantas, pada momen Nataru kali ini, kata Veranita, AirAsia juga mengumumkan beberapa rute domestik dan internasional baru yang dapat menjadi pilihan penumpang dalam melakukan perjalanan, seperti Denpasar-Kupang (Penerbangan Perdana 16 Desember 2023), Denpasar-Lampung (Penerbangan Perdana 17 Januari 2023) dan Jakarta-Kota Kinabalu (6 Februari 2023).

Adapun, hingga September 2023 sekitar 700.000 wisatawan asing telah menggunakan penerbangan Indonesia AirAsia untuk masuk ke Indonesia, yang mana Bali dan Jakarta menjadi destinasi favorit.

Bahkan, menjelang akhir tahun ini dan awal tahun depan, Indonesia AirAsia telah menetapkan sejumlah target, termasuk memperluas jaringan di Asia dan Pasifik dengan meluncurkan rute internasional baru.

Dengan adanya upaya ini, kata Veranita diharapkan dapat menjadi salah satu bentuk dukungan AirAsia terhadap pemulihan industri pariwisata dan perekonomian Indonesia.

"Indonesia AirAsia memahami animo penumpang yang ingin melakukan perjalanan saat libur Nataru. Selain menyediakan pesawat tambahan, Indonesia AirAsia juga menghadirkan promo AirAsia Birthday Sale rute internasional sebagai bagian dari upaya meningkatkan keinginan penumpang untuk mengunjungi berbagai destinasi pariwisata favorit bersama keluarga," pungkasnya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Alvin Pasza Bagaskara pada 07 Dec 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories