Mahendra Siregar Gantikan Wimboh Santoso, Terpilih Ketua Dewan Komisioner OJK 2022-2027

Ketua DK OJK Terpilih Mahedra Siregar (TrenAsia)

Jakarta, Balinesia.id - Setelah menyaring beberapa kandidat akhirnya Komisi XI DPR memilih ketua dewan komisioner OJK yang baru menggantikan Wimboh Santoso, yakni Mahendra Siregar.

Terpilihnya Mahendra Siregar menyisihkan dua pesaing kuatnya yakni Darwin Cyril Noerhadi dan Mirza Adityaswara.

Komisi XI DPR telah merampungkan fit and proper test calon anggota dewan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022 - 2027 hari ini, Kamis, 7 April 2022.  

Saat ini, Mahendra Siregar masih menduduki kursi Wakil Menteri Luar Negeri mengalahkan Darwin Cyril Noerhadi dan Mirza Adityaswara.

"Telah disepakati secara mufakat Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027," kata Ketua Komisi XI DPR Kahar Muzakir di Jakarta, Kamis, 7 April 2022.

Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin berharap, atas terpilihnya anggota dewan komisioner yang baru, pimpinan OJK terpilih harus mampu menyelesaikan berbagai persoalan di industri jasa keuangan.

"Mengingat, selama ini industri keuangan kita diterpa berbagai persoalan baik di bidang perbankan, asuransi, hingga pasar modal," tandas Puteri Komarudin.

Bahkan, beberapa persoalan sampai saat ini masih belum terselesaikan, seperti kasus Jiwasraya dan Bumiputera. Termasuk masih maraknya pinjaman online ilegal.

"Hal-hal ini adalah pekerjaan rumah yang belum sanggup dibereskan. Sehingga menjadi tantangan tersendiri untuk diselesaikan oleh DK OJK terpilih selanjutnya,” kata Puteri Komarudin.

Diharapkan, pimpinan OJK baru mampu mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap industri jasa keuangan melalui peningkatan kinerja perlindungan konsumen.

Selain itu, bisa mengantisipasi berbagai tantangan dan dinamika sektor keuangan yang semakin dinamis dan kompleks untuk diantisipasi OJK ke depan.

Berikut Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027

Ketua merangkap anggota : Mahendra Siregar
Wakil Ketua sebagai Ketua Komite Etik merangkap anggota : Mirza Adityaswara
Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota : Dian Ediana Rae
Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap anggota : Inarno Djajadi
Kepala Eksekutif Pengawas IKNB merangkap anggota : Ogi Prastomiyono
Ketua Dewan Audit merangkap anggota : Sophia Issabella Wattimena
Anggota bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen : Friderica Widyasari Dewi

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Yosi Winosa pada 07 Apr 2022 


Related Stories