Selama MotoGP, Ratusan Ribu Orang Hilir-Mudik Bali-Lombok lewat Bandara Ngurah Rai

Penumpang pengguna transportasi udara di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. (Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id - Ratusan ribu orang tercatat hilir-mudik Bali-Lombok melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali selama hajatan internasional MotoGP yang berlangsung di Mandalika, Lombok, pertengahan Maret 2022 lalu.

Hal tersebut dinyatakan General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali, Herry A.Y. Sikado, Senin, 4 April 2022. Per Maret 2022, pihaknya mangaku mengalami pertumbuhan jumlah penumpang transportasi udara sebanyak 56 persen dibandingkan bulan Februari 2022. Peningkatan tersebut disinyalir dipengaruhi oleh dua hal, yakni penghapusan syarat test Covid-19 bagi penumpang yang telah tervaksin lengkap dan event internasional, salah satunya MotoGP.

Baca Juga:

Selama hajatan MotoGP Mandalika, pihaknya mencatat ada sebanyak 13.127 orang penumpang yang berangkat dari Bali menuju ke Lombok pada gelaran kejuaraan balap motor bergengsi di dunia itu. Sementara itu, angka kedatangan tercatat sebanyak 12.544 orang yang datang dari Lombok.

Sementara itu, terkait rute keberangkatan, Herry mencatat rute Denpasar-Jakarta masih dominan. "Tiga rute keberangkatan terbanyak yang dilayani selama bulan Maret 2022 yakni Jakarta sebanyak 164.790 penumpang, Surabaya sebanyak 40.544 penumpang, dan Ujung Pandang 22.267 penumpang," katanya.

Catatan itu pun sama dengan rute kedatangan terbanyak pada periode yang sama, yakni Jakarta sebagai rute asal terbanyak dengan 155.616 penumpang, Surabaya dengan 40.332 penumpang, dan Ujung Pandang 22.079 penumpang.

“Prediksi di bulan April 2022 terdapat momen Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah, seperti tahun sebelumnya akan ada puncak arus mudik dan arus balik Lebaran, maka saya mengimbau kepada pengguna jasa yang akan melakukan penerbangan untuk dapat mempersiapkan dokumen sebaik mungkin sesuai dengan regulasi pemerintah, sehingga perjalanannya dapat berjalan lancar,” kata dia. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories