Kunjungi Candi Prambanan, Presiden Jokowi Promosikan Wisata Edukasi

Presiden Jokowi dengan memberi contoh mengajak keluarga berwisata ke Candi Prambanan di Kabupaten Sleman Yogyakarta, Jumat (7/1/2023). (Dok. Biro Pers Setpres)

Yogayakarta, Balinesia.id- Presiden Joko Widodo terus mempromosikan wisata edukasi salah satunya dengan mengunjungi Candi Prambanan di Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Langkah itu juga bagian upaya Presiden Jokowi untuk menggalakkan pariwisata dalam negeri.

Pada kesempatan sebelumnya, Presiden Jokowi meminta jajaran pemerintah daerah untuk menggalakkan pariwisata dalam negeri karena Indonesia kaya akan potensi wisata.

“Sekali lagi, tolong masyarakat diajak. Pak Gubernur, Pak Bupati, Pak Wali Kota, ajak masyarakat untuk berwisata di dalam negeri saja,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Ajakan itu dibuktikan Presiden Jokowi dengan memberi contoh mengajak keluarga berwisata ke Candi Prambanan di Kabupaten Sleman Yogyakarta, Jumat (7/1/2023).

Ditemani putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan sang istri Selvi Ananda, serta kedua cucu Presiden yakni Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X Kemenristekdikbud Manggar Sari mendampingi wisata eduksi Presiden Jokowi dan keluarga dengan berkeliling sambil menjelaskan sejarah Candi Prambanan.

Saat berkeliling, Jan Ethes tampak memperhatikan setiap penjelasan yang diberikan pemandu wisata mengenai warisan budaya dunia tersebut.

“Ini yang paling besar,” ucap Manggar menunjuk Candi Siwa dengan ketinggian 47 meter tersebut.

Setelahnya, Presiden Jokowi bersama kedua cucunya masuk ke dalam salah satu candi yang ada di sana untuk melihat lebih dekat relief yang terukir pada candi tersebut.

Para pengunjung tampak antusias melihat kehadiran Presiden Jokowi bersama ketiga cucunya. 

Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi wisata dalam negeri yang bisa menjadi alternatif liburan bagi masyarakat. ***


Related Stories