KTT Khusus ASEAN-AS Diharapkan Berkontribusi bagi Stabilitas dan Kemakmuran Kawasan

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers sesaat sebelum bertolak bersama Ibu Negara Iriana menuju Washington DC, Amerika Serikat (AS), di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/5/2022). (Biro Pers Setpres)

Jakarta, Balinesia.id - Presiden Joko Widodo menegaskan harapannya KTT Khusus ASEAN-AS akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas dan kemakmuran di kawasan.

Hal itu disampaikan Kepala Negara sesaat sebelum bertolak bersama Ibu Negara Iriana menuju Washington DC, Amerika Serikat (AS), di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/5/2022).

Presiden Jokowi akan melakukan serangkaian agenda kunjungan kerja pada 11-13 Mei 2022 mengingat saat ini Indonesia memegang koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024.

Ditegaskan Presdien Jokowi, dengan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, ASEAN siap bersinergi dengan seluruh negara mitra ASEAN, termasuk Amerika Serikat, dalam mengembangkan kerja sama konkret yang inklusif dan saling menguntungkan.

"Kita memiliki tanggung jawab menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan damai, yang stabil, dan sejahtera," ungkapnya didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Turut dalam rombongan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Bersama delegasi, Presiden Jokowi akan berangkat melaksanakan kunjungan kerja ke Washington DC dari tanggal 11 sampai 13 Mei 2022.

Bersama pemimpin ASEAN lainnya, Presiden Jokowi akan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari.

Rangkaian pertemuan yang akan dihadiri Presiden Jokowi antara lain Pertemuan dengan anggota Kongres, Pertemuan dengan para CEOs besar Amerika, Pertemuan dengan Wapres Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika dan Pertemuan Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN dan Presiden Biden.

Presiden Jokowi dan delegasi direncanakan akan kembali ke Jakarta segera setelah rangkaian pertemuan selesai pada tanggal 13 Mei malam. Presiden dijadwalkan tiba di Tanah Air pada hari Minggu pagi, 15 Mei 2022. ***


Related Stories