Komitmen Rawat Persaingan Usaha Sehat, Angkasa Pura I Terima Sertifikat Program Kepatuhan Persaingan Usaha

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi (kanan) menerima Sertifikat Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari Ketua KPPU RI M. Afif Hasbullah (kiri). (Balinesia.id/IST)

Jakarta, Balinesia.id – PT Angkasa Pura I berkomitmen dan berupaya menciptakan persaingan usaha yang sehat dan turut berkontribusi dalam penyehatan iklim persaingan usaha di Indonesia. Komitmen tersebut diwujudkan melalui penerimaan Sertifikat Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha Republik Indonesia (KPPU RI).

Sertifikat tersebut diterima Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi di Jakarta, Kamis, 16 Maret 2023 dari Ketua KPPU RI M. Afif Hasbullah. Dengan diterima sertifikat tersebut, PT Angkasa Pura I menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menerima Sertifikat Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPPU RI itu, menyusul sebelumnya pada 7 Desember 2022 telah ditetapkan sebagai Peserta Program Kepatuhan Persaingan Usaha oleh KPPU RI.

"Untuk menjamin pelaksanaan Program Kepatuhan Persaingan Usaha terhadap praktik di perusahaan secara konsisten dan berkelanjutan, setiap proses pengambilan keputusan akan selalu mempertimbangkan persaingan usaha yang sehat,” katanya Naik Fahmi.

Baca Juga:

Selain itu, katanya, Angkasa Pura I akan terus menjaga proses bisnis perusahaan yang sehat dengan secara rutin melakukan pemantauan, evaluasi, identifikasi dan mitigasi risiko, sosialisasi, penyuluhan, pelatihan, dan penyesuaian secara berkala terhadap praktik persaingan usaha yang sehat di perusahaan.

Program Kepatuhan Persaingan Usaha merupakan bentuk komitmen dan tindakan dari pelaku usaha dalam upayanya untuk tidak melanggar ketentuan terkait prinsip persaingan usaha sehat yang tercantum dalam Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. 

Baca Juga:

Dalam proses penetapannya, Angkasa Pura I telah menjalankan sejumlah langkah, mulai dari penyampaian dokumen kode etik dan panduan kepatuhan perusahaan serta konsultasi dengan KPPU RI.

Selain kelengkapan dokumen, Angkasa Pura I juga telah menyelenggarakan focus group discussion (FGD) di tahun 2021 sebanyak dua kali, serta sepanjang tahun 2022 telah melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan sebanyak tiga kali yang diikuti oleh manajemen dan seluruh pegawai di lingkungan perusahaan.

Baca Juga:

Sementara itu, Ketua KPPU RI M. Afif Hasbullah menyampaikan apresiasi kepada Angkasa Pura I. "Saya turut memberikan apresiasi kepada Angkasa Pura I karena merupakan salah satu perusahaan yang paling awal melakukan pendaftaran untuk mengikuti Program Kepatuhan Persaingan Usaha, serta merupakan perusahaan pertama yang mendapatkan penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha melalui penetapan Penetapan No.01/KPPU-PLP/2022 pada tanggal 7 Desember 2022," kata dia.

Pihaknya berharap pemberian Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dapat menjadi penyemangat dan pendorong bagi Angkasa Pura I untuk selalu menerapkan tata kelola perusahaan berlandaskan prinsip-prinsip persaingan usaha sehat. Pihaknya juga berhadap selalu mempertimbangkan ketentuan hukum persaingan usaha dalam setiap pengambilan keputusan bisnis, serta melakukan pengawasan dan penyesuaian secara berkala terhadap penerapan program kepatuhan persaingan usaha di lingkup internal perusahaan. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories