KMB-Starbanjar.com Galang Solidaritas Bantu Rumah Singgah Anak Penyintas Kanker

Penyaluran bantuan dari PT KMB dan Starbanjar.com untuk anak-anak penyintas kanker di Rumah Kita. (Doni/Starbanjar.com)

Banjarmasin, Balinesia.id -  PT Konten Media Berjejaring (KMB) bersama media jaringan starbanjar.com menggalang solidaritas untuk membantu Rumah Singgah bagi anak penyintas kanker di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Aksi sosial peduli anak penyintas kanker digelar pada Sabtu, 5 Maret lalu.

Kegiatan berupa penyaluran bantuan dana operasional untuk Rumah Kita, yang menjadi wadah singgah anak penyintas kanker di Kota Seribu Sungai program dari Tangan-tangan Relawan.

Lokasi rumah singgah berlokasi di Kompleks Kenaungan Jaya II, Kelurahan Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur, ini menjadi tempat tinggal anak penyintas kanker yang biasanya datang dari luar daerah untuk berobat di Banjarmasin.

Lantaran minimnya fasilitas kesehatan kanker di luar Banjarmasin, membuat banyak anak harus dirujuk ke kota ini untuk menjalani pengobatan secara intens.

Lahirnya Rumah singgah, untuk menekan ongkos orang tua dari anak penyintas kanker yang biasanya harus merogoh kantong lebih banyak demi menyewa rumah atau indekos.

Keberadana pendirian Rumah Singgah Kita, tidak lepas dari tangan dingin Eko Subiyantoro. Ya, pria yang seorang relawan kemanusiaan ini, pada bulan Maret 2018, memulai aksinya.

Eko Subiantoro menuturkan, sejak Maret 2018 lalu, Rumah Singgah didirikan lantaran prihatin melihat banyaknya anak penyintas kanker dari luar daerah yang tidak memiliki wadah untuk tinggal.

"Dulu kalau pasien, kita lihat (tinggal) di masjid depan rumah sakit, dari situ kepikiran buat bangun rumah singgah," ucap Eko Subiantoro.

Pada awal-awal beroperasinya Rumah Singgah Kita, Eko dan beberapa relawan lainnya masih harus mengontrak rumah di kawasan Dharma Praja Banjarmasin.

Dua tahun terakhir, pihaknya mampu menggalang donasi untuk membeli rumah permanen di kawasan Kompleks Kenaungan Jaya II.

Salah satu aksi Eko Subiantoro, menggalang donasi ini adalah melakukan solo touring menggunakan sepeda dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Barat dengan jarak tempuh 1.300 kilometer.

Berhenti di belasan titik, Eko bertemu banyak komunitas dan memberi edukasi soal seputar kanker. Aksi galang donasi pun sambil terus dilakukan seiring perjalanan Eko bersepeda dari Kalsel ke Kalbar.

"Desember 2019, kita akhirnya bisa membeli rumah ini," kenang Eko Subiantoro.

Pada kesempatan itu, CEO Starbanjar.com, Ahmad Husaini, menyatakan, pihaknya bersama PT KMB mendukung Rumah Singgah lantaran melihat dedikasi penuh relawan dalam membantu para penyintas kanker.

"Gerakan solidaritas ini akan kita upayakan rutin dilakukan paling tidak setahun sekali menyasar kelompok-kelompok marjinal di Banjarmasin," demikian Ahmad Husaini. ***


Related Stories