Ketahui Dampak Dunning Kruger Effect untuk Karier Anda

Tren Istilah: Dunning Kruger Effect Bisa Jadi Boomerang untuk Karier Anda (Pexels)

JAKARTA - Pernahkah Anda menjumpai teman atau rekan kerja yang selalu merasa dan tampak tahu akan segalanya? Meskipun salah, ia tetap percaya diri merasa benar dan bahkan mempengaruhi orang lain untuk satu pemikiran dengannya. Bisa jadi teman Anda sedang terkena fenomena Dunning Kruger Effect.

Dunning Kruger Effect adalah suatu fenomena ketika seseorang merasa dirinya punya kemampuan atau pengetahuan yang tinggi padahal tidak sesuai dengan realitanya. Hal ini karena mereka keliru menilai kemampuan mereka sendiri.

Tak berhenti sampai di sini, orang-orang dengan Drunning Kruger Effect biasanya juga merasa lebih pintar, lebih hebat, lebih paham dan lebih superior dibandingkan orang lain. Tidak menutup kemungkinan mereka juga akan menganggap orang lain bodoh, salah dan pendapat yang mereka miliki tidak berdasar.

Teori Dunning-Kruger Effect pertama kali dikembangkan oleh David Dunning dan Justin Kruger pada tahun 1999, mereka adalah profesor psikologi dari Cornell University. Ternyata pengembangan teori ini didasari oleh kejadian lucu di kehidupan nyata loh. 

Yaitu ketika David dan Justin terinspirasi dari kasus McArthur Wheeler, seorang pria yang merampok 2 bank dengan menyiram wajahnya dengan perasan air jeruk karena ia yakin bahwa wajahnya tidak akan terlihat oleh kamera pengawas, sama seperti menulis dengan tinta perasan air jeruk maka tulisannya akan tidak terlihat.

Fenomena Dunning Kruger Effect tentu memiliki dampak yang buruk bagi seseorang karena pelakunya akan merasa kesulitan untuk mengenali dan memperbaiki kinerja buruk dalam diri mereka. 

Tak terkecuali di dunia kerja, orang dengan Dunning Kruger Effect akan merasa jika mereka telah mengerjakan pekerjaan dengan benar dan baik. 

Alhasil, ketika tiba waktunya tinjauan kinerja dilakukan oleh manajemen atau atasan, seseorang ini tidak bisa menerima kritik yang membangun dan tetap melakukan apa yang menurutnya sudah benar.

Sifat dan perilaku seperti ini juga akan menyebabkan pengaruh negatif dari orang-orang di sekitar yang perlahan akan  membenci orang dengan efek Dunning Kruger.

Ciri-ciri Orang yang Mengalami Dunning Kruger Effect

Lalu bagaimana cara mengidentifikasi apakah Anda memiliki Dunning Kruger Effect? Nah, menurut David dan Justin orang yang mengalami Dunning Kruger Effect biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

- Cenderung berlebihan menilai tingkat keahliannya
- Tidak mampu mengenali keahlian diri orang lain
- Tidak mampu mengenali aspek buruk dari ketidakcakapannya
- Tidak mampu mengenali dan mengakui kekurangan dari diri sendiri

Berikut tadi adalah artikel mengenai Dunning Kruger Effect, semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 10 Feb 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories