Cara Mudah Membuat Password yang Kuat dan Aman

Cara Mudah Membuat Password yang Kuat dan Aman (Freepik.com/rawpixel.com)

JAKARTA - Anda tentu sudah mengetahui pentingnya penggunaan password yang tidak mudah ditebak agar lebih aman di era digital saat ini. Namun, menggunakan atau membuat password yang unik dan tidak mudah ditebak nyatanya lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Tanpa password yang kuat, Anda mempermudah hacker untuk mencuri uang dari rekening bank Anda, membaca catatan kesehatan, atau menyamar sebagai Anda di media sosial.

Dengan segala hal yang sekarang terjadi di dunia maya, termasuk perbankan bahkan dompet digital, keamanan siber menjadi lebih penting dari sebelumnya. Hacker semakin canggih setiap harinya dan banyak informasi pribadi kita yang tersimpan secara online yang dapat membahayakan keselamatan dan privasi.

Oleh karena itu, untuk menjaga keamanan informasi Anda, penting untuk mengetahui cara agar tetap aman saat online, salah satunya dengan menggunakan password atau kata sandi yang kuat.

Cara Membuat Password yang Kuat

Password yang baik memiliki beberapa kriteria tertentu, karakternya panjang, kompleks, unik, dan tidak familiar atau tidak umum. Untuk keamanan kata sandi terbaik, pastikan password Anda memiliki karakteristik tersebut untuk mencegah hacker dan melindungi diri dari upaya doxxing dan serangan digital lainnya.

Perlu diingat bahwa setiap situs web memiliki persyaratan yang berbeda yang harus Anda ikuti untuk membuat password, seperti menggunakan huruf besar dan kecil atau menyertakan simbol atau angka.

1. Pastikan Password Anda Cukup Panjang

Untuk membuat password yang baik dan kuat, password yang panjang biasanya lebih baik, setidaknya 15 karakter.

Hacker biasanya menggunakan suatu software otomatis untuk mencoba password hingga berhasil, tapi kata sandi yang lebih panjang lebih sulit ditebak oleh software tersebut.

Inti dari upaya ini adalah Anda mencoba untuk membuat peretasan password yang dilakukan hacker tidak sebanding dengan waktu dan sumber daya yang bersedia dikeluarkan mereka untuk memecahkannya.

2. Gunakan Kata yang Rumit

Teori yang sama berlaku untuk penggunaan campuran huruf besar dan kecil, angka, dan karakter khusus dalam password Anda. Semakin rumit password Anda, semakin sulit untuk dibobol.

3. Diversifikasi Password

Kesalahan terbesar yang dilakukan oleh banyak orang adalah mengulangi atau menggunakan kembali password. Setiap password yang Anda buat harus baru dan unik, atau Anda dapat membahayakan informasi pribadi Anda. Jika password Anda bocor karena pelanggaran data, setiap akun yang Anda gunakan password yang sama akan menjadi rentan. 

4. Hindari Menggunakan Informasi Pribadi

Anda tidak boleh memilih password menggunakan informasi pribadi yang mudah ditemukan secara online seperti tanggal lahir, nama anak, atau hewan peliharaan Anda.

Kemungkinan besar hacker akan mencoba kombinasi kata dan angka tersebut terlebih dahulu, sehingga membahayakan keamanan password Anda. Anda juga sebaiknya merekomendasikan penggunaan kata sandi yang tidak dapat ditemukan di kamus, seperti kumpulan huruf dan karakter acak.

Itu tadi beberapa cara membuat password yang kuat agar informasi Anda tetap aman.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories