Inilah Fitur Unggulan yang Akan Dihadirkan Apple di iOS pada 2024

Inilah Fitur Unggulan yang Akan Dihadirkan Apple di iOS pada 2024 (Apple)

JAKARTA - Apple telah menghadirkan sejumlah fitur baru ke iOS. Namun, fokus pada iOS tampaknya jadi akan semakin besar di mana beberapa laporan menunjukkan bahwa Apple mungkin tidak akan memberikan banyak perubahan pada perangkat keras iPhone 16 melainkan lebih fokus pada sisi software ponsel andalannya.

Seperti yang telah Anda ketahui, Apple meluncurkan iOS 17 di acara WWDC pada bulan Juni lalu. Sistem operasi tersebut juga mulai diluncurkan ke ponsel pada bulan September, tidak lama usai peluncuran rangkaian iPhone 15. 

Tidak hanya itu, raksasa teknologi ini diperkirakan akan mengikuti pola serupa pada tahun 2024 dengan memperkenalkan sejumlah fitur baru di iOS 18.

Apa saja fitur yang hadir di iOS pada 2024? Simak penjelasan berikut ini seperti yang dirangkum dari Live Mint pada Rabu, 3 Januari 2024.

Fitur yang Akan Hadir di iOS 2024

1. Pesan Teks yang Lebih Mudah Antara iOS dan Android

Apple ternyata telah setuju untuk mengadopsi RCS atau rich communication services untuk aplikasi iMessage mulai tahun 2024, yang berarti fitur baru ini dapat menjadi bagian dari sistem operasi iOS 18.

RCS Universal Profile diyakini mampu menawarkan pengalaman interoperabilitas yang lebih baik daripada SMS atau MMS. Selain itu, RCS juga akan bekerja sama dengan iMessage yang akan terus menjadi pengalaman pengiriman pesan terbaik dan teraman bagi pengguna Apple.

Penggunaan RCS ini sebetulnya telah lama ditunggu-tunggu akan menghadirkan fitur seperti foto dan video beresolusi tinggi, pesan audio, tanda terima telah dibaca,, obrolan grup yang lebih baik, enkripsi, indikator adanya penerima yang sedang mengetik, dan sebagainya.

2. Siri yang Didukung AI

Dalam laporan awal tahun 2023, Mark Gurnman dari Bloomberg melaporkan bahwa Apple akan menambahkan fitur yang didukung AI ke versi iOS berikutnya. Fitur-fitur baru tersebut didukung oleh LLM milik Apple untuk meningkatkan cara kerja Siri dan aplikasi Messages untuk menjawab pertanyaan dan menghadirkan kemampuan melengkapi kalimat secara otomatis.

3. Emergency SOS

Apple mulai menawarkan Roadside Assistance melalui layanan SOS Satellite pada pengguna iPhone 14 dan iPhone 15. Selain itu, fitur life-saving atau penyelamat nyawa juga tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat hingga September 2025.

4. Melakukan Sideloading di iOS Khusus untuk Pengguna di Eropa

Dalam laporan Bloomberg awal tahun 2023, Mark Gurnman mengatakan bahwa Apple berencana menghadirkan sideloading yang sangat terkontrol ke iOS pada paruh pertama tahun 2024. Perubahan baru ini dapat menjadi bagian dari upaya perusahaan untuk memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh EU's Digital Markets Act yang mewajibkan gatekeepers seperti Apple untuk melakukan perubahan yang diperlukan pada bulan Maret 2024.

5. Perlindungan Perangkat yang Dicuri atau Stolen Device Protection

Apple menambahkan fitur Stolen Device Protection dengan iOS 17.3. Fitur baru ini dirancang untuk melindungi pengguna jika ponsel mereka dicuri dan kata sandinya diketahui oleh pencuri.

Stolen Device Protection adalah fitur yang dapat diaktifkan dengan menavigasi face ID dan passcode di menu Settings pada iOS 17.3 Beta. Versi stabil dari fitur ini diperkirakan akan diluncurkan ke semua pengguna pada bulan Januari atau Februari.

Itu tadi beberapa fitur unggulan yang disebut akan hadir di iOS pada 2024.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories