Storage Ponsel Anda Selalu Penuh? Atasi dengan Cara Ini

Storage Ponsel Anda Selalu Penuh? Atasi dengan Cara Ini (freepik.com/tirachardz)

JAKARTA - Hal yang menarik tentang smartphone saat ini adalah kebanyakan ponsel sudah tidak menyediakan slot microSD lagi. Oleh karena itu, Anda terjebak dengan jumlah penyimpanan atau storage ponsel yang ada di perangkat. Namun, tidak dapat dipungkiri jika seiring berjalannya waktu, penumpukan file dapat menyumbat memori ponsel dengan cukup cepat.

Bahkan, bisa sampai pada titik di mana Anda mungkin mendapati storage ponsel selalu penuh. Jadi, apa yang harus dilakukan saat menghadapi hal tersebut?

Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Mengatasi Storage Ponsel yang Selalu Penuh

1. Kosongkan Unduhan Media

Anda mungkin memiliki banyak aplikasi media sosial yang terpasang di ponsel, seperti Spotify dan YouTube yang memungkinkan Anda untuk mengunduh media agar bisa diakses saat offline.

Meski fitur tersebut hebat, unduhan ini ternyata dapat menghasilkan ruang penyimpanan di ponsel Anda. Oleh karena itu, ketika penyimpanan ponsel selalu penuh, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu untuk memeriksa file-file tersebut.

2. Bersihkan Galeri

galeri foto memang menjadi gudang kenangan digital. Namun, seiring berjalannya waktu, isi galeri Anda bisa menjadi berantakan.

Mungkin ada banyak gambar atau foto yang berlebihan atau tidak diinginkan. Hal ini akan menghabiskan memori ponsel dan hanya menyisakan sedikit ruang kosong.

3. Pertimbangkan untuk Memeriksa Pengunduhan Otomatis

Aplikasi media sosial tertentu secara default mengunduh media secara otomatis. Misalnya, WhatsApp dapat secara otomatis mengunduh file yang Anda terima. Hal ini secara diam-diam akan mengisi penyimpanan di ponsel Anda.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu menonaktifkan fitur unduh otomatis atau automatic download. Misalnya, di WhatsApp Anda dapat menyesuaikan pengaturan media visibility.

4. Gunakan Manajemen Aplikasi

Saat ini ponsel hadir dengan banyak aplikasi pra-instal. Aplikasi tersebut bahkan tidak dapat dihapus.

Meski begitu, Anda dapat mengelolanya, dengan cara menonaktifkan aplikasi-aplikasi tersebut. Jika hal ini dilakukan, Anda bisa mencegah background activity untuk membatasi konsumsi storage ponsel.

5. Hapus Cache File Aplikasi

Seperti yang telah Anda ketahui, aplikasi menggunakan cache untuk meningkatkan efisiensi pengambilan data. Akan tetapi, cache dapat menghabiskan banyak penyimpanan ponsel.

Cache browser khususnya bisa sangat besar. Anda dapat dengan mudah mengosongkannya dengan menekan ‘Clear history’ atau ‘Clear browsing data’.

6. Gunakan Penyimpanan Cloud

Jelajahi opsi penyimpanan cloud seperti Google Drive untuk mencadangkan foto, video, dan dokumen. Hal ini memang tidak hanya menjamin keamanan data tapi juga membantu mengosongkan storage di ponsel Anda.

Itu tadi beberapa cara mengatasi storage ponsel yang selalu penuh. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories