Kedungu Beach Festival Kenalkan Adat Budaya dan Keindahan Panorama Alam

Even Kedungu Beach Festival digelar masyarakat Banjar Adat Kedungu, Desa Belalang, Kecamatan Kediri, Sabtu, 10 Juni 2023. (Prokopimtabanan)

Tabanan, Balinesia.id - Ajang Kedungu Beach Festival selain menampilkan kekayaan adat budaya masyarakat juga mengenalkan keindahan panorama alam desa Kedungu Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, Bali.

Even Kedungu Beach Festival digelar masyarakat Banjar Adat Kedungu, Desa Belalang, Kecamatan Kediri, Sabtu, 10 Juni 2023.

Karenanya, Bupati Tabanan Dr Komang Gede Sanjaya menaruh harapan agar gelaran Kedungu Beach Festival bisa turut menggairahkan pariwisata di Bali khususnya di Kabupaten Tabanan

Kedungu Beach Festival tepat diadakan, selain memperkenalkan adat budaya, juga sekaligus dapat menyaksikan keindahan panorama alam.

"Hal ini menunjukan, bahwa masyarakat Belalang sudah mampu tampil melihat potensi yang ada dan mau berupaya mengembangkan daerahnya untuk lebih maju kedepannya," kata Susila mewakili Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya.

Hal itu, lanjut Gede Susila, sangat sejalan dengan visi Pemkab Tabanan.

Bersamaan ini, dikatakan Susila bertepatan perayaan Bulan Bung Karno, dimana pemerintah daerah dan masyarakat sudah melaksanakan kegiatan sejak tanggal 1 Juni 2023 dan ditutup pada 30 Juni 2023 mendatang.

Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi kepada Bapak Proklamator Bung Karno, yang mana dalam bulan Juni juga terdapat banyak tanggal keramat, seperti Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni, Lahirnya Bung Karno tanggal 6 Juni dan tanggal 21 Juni wafatnya Bung Karno.

Dalam kesempatan sama Panitia penyelenggara Made Dwipta Dipta Rama , menambahkan tujuan Festival ini adalah untuk mempromosikan Pantai Kedungu agar lebih dilihat oleh mancanegara.

"Disini kita mempunyai 3 (tiga) sub lomba, yakni lomba surfing yang pertama kalinya dilaksanakan di Tabanan, kemudian ada lomba Tari Truna Jaya se-Bali, serta lomba Bartending se-Bali," ucapnya.

Terkait peserta, terbuka untuk umum, khususnya seluruh masyarakat Bali.

Khusus peserta, dilibatkan warga di seluruh Bali yang ingin mengikuti Kedungu Beach Festival 2023.

"Harapan kita, agar kegiatan kita semakin diperhatikan dalam hal anggaran dan mendapat dukungan Bupati, sehingga tahun kedepannya bisa dilaksanakan lagi festival serupa seperti ini," harapnya.  ***

Editor: Rohmat

Related Stories