5 Kesalahan Penggunaan Smartphone yang Kerap Dilakukan Banyak Orang

Inilah Kesalahan Penggunaan Smartphone yang Kerap Dilakukan Banyak Orang (Freepik)

JAKARTA, Balinesia.id - Saat ini orang-orang tampaknya tidak bisa hidup tanpa menggenggam smartphone atau ponsel. Tidak dapat dipungkiri jika ponsel seolah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari.

Namun ternyata, tidak semua orang mengetahui apa saja perawatan yang dibutuhkan oleh ponsel, dengan menghindari kesalahan-kesalahan pada penggunaannya. Anda juga wajib mengetahuinya agar ponsel Anda terhindar dari kerusakan sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Kesalahan Penggunaan Smartphone yang Kerap Dilakukan

1. Tidak Instal Software Terbaru

Pada umumnya setiap merek smartphone merilis pembaruan keamanan untuk perangkat mereka. Namun, kekeliruan yang sering dilakukan oleh pengguna adalah tidak mau memperbarui perangkat mereka dengan perangkat lunak terbaru yang telah dirilis. 

Padahal, biasanya pembaruan ini tidak hanya membawa fitur dan perubahan baru, tetapi juga termasuk pembaruan keamanan yang penting.

2. Menggunakan Kabel dan Charger yang Tidak Resmi

Kesalahan umum lain dalam penggunaan smartphone adalah menggunakan kabel dan charger yang bukan berasal dari pabrikan resmi. Sebagian besar perangkat modern kini telah dilengkapi dengan port USB type-C untuk pengisian daya dan menggunakan teknologi pengisian daya yang optimal guna menjaga keamanan perangkat. 

Namun, menggunakan kabel pengisi daya yang tidak sah atau tidak resmi justru dapat merusak baterai dan bahkan menimbulkan risiko keselamatan. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menggunakan kabel yang disertakan saat membeli ponsel atau yang telah disertifikasi oleh produsen.

3. Menyetujui Semua Permintaan Izin dari Pemasangan Aplikasi

Sebagian besar orang cenderung mengabaikan izin yang diminta oleh aplikasi saat menginstalnya. Padahal, aplikasi yang tidak bertanggung jawab dapat meminta izin yang tidak relevan, seperti akses ke informasi pribadi, kamera, dan mikrofon yang tidak diperlukan. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa dan memahami izin yang diminta oleh setiap aplikasi agar dapat menghindari potensi risiko keamanan.

4. Tidak Mencadangkan Data secara Rutin

Banyak orang yang merasa menyesal karena tidak rutin membuat cadangan data secara berkala. Padahal, melakukan cadangan data dapat melindungi informasi berharga Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ponsel hilang, dicuri, atau mengalami kerusakan.

5. Menginstall Aplikasi dari Sumber yang Tidak Dikenal

Pada ponsel, khususnya ponsel Android, beberapa pengguna cenderung menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya dengan mengunduh file APK dari situs tertentu. Meskipun hal itu dilakukan untuk menghindari aplikasi berbayar, kebiasaan ini dapat membahayakan perangkat karena dapat menyebabkan penyusupan malware atau spyware. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak dapat dipercaya.

Itu tadi beberapa kesalahan umum dalam penggunaan smartphone yang sering dilakukan oleh banyak orang dan sebaiknya dihindari.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories