Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Melepas Stiker di Koper Usai Naik Pesawat

Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Melepas Stiker di Koper Usai Naik Pesawat (Freepik.com/wavebreakmedia_micro)

JAKARTA, Balinesia.id - Anda tentu sudah sering mendengar permasalahan kehilangan bagasi atau koper saat terbang menggunakan pesawat terbang. Hal itu tentu akan sangat buruk atau mengecewakan, apalagi ketika kita bepergian dan membawa barang-barang yang penting di koper, contohnya pakaian atau obat-obatan untuk pengobatan.

Anda mungkin sangat membutuhkan barang-barang tersebut, dan menjadi tertekan saat koper yang memuat barang tersebut tidak bersama Anda saat turun dari pesawat. Namun, perlu Anda ketahui bahwa meski kehilangan koper atau bagasi seringkali berada di luar kendali Anda apalagi ketika bandara sedang sibuk, Anda mungkin akan terkejut mengetahui bahwa hal tersebut bisa jadi karena salah Anda sendiri. 

Seperti yang dilansir dari Reader’s Digest, menurut video viral TikTok yang sempat viral, masalah koper atau bagasi yang hilang ini seringkali karena stiker kecil yang dipasang di bagasi atau koper Anda. Stiker berukuran kecil ini bisa membuat pengalaman penerbangan Anda jadi buruk, karena lupa melepaskan stiker tersebut.

Apa yang Terjadi Ketika Tidak Melepas Stiker pada Koper atau Bagasi

Jika Anda tidak melepas stiker yang ada pada koper atau bagasi, bisa jadi tas Anda akan hilang saat bepergian. Oleh karena itu, pastikan Anda melepaskan stiker lama dari perjalanan sebelumnya dari bagasi atau koper Anda.

Seperti yang dilansir dari Reader’s Digest, seorang pekerja bandara yang disebut bekerja di Bandara Internasional Ontario di California menjelaskan bahwa akan menjadi masalah besar ketika Anda tidak melepas stiker yang ada di bagasi atau koper. Stiker kecil ini akan memberi tahu komputer di mana bagasi ini harus ditempatkan.

Jadi jika stiker lama Anda masih menempel di koper atau bagasi, dikhawatirkan yang dipindai adalah stiker lama tersebut. Hasilnya, tas Anda tidak akan dibawa ke dalam penerbangan dan malah berakhir di pusat bagasi yang tidak diklaim milik maskapai, sebelum menuju ke bandara untuk dimasukkan ke bagian ‘Lost and Found’.

Informasi yang Terletak pada Stiker Koper atau Bagasi

Ternyata, ada banyak informasi spesifik di stiker tersebut untuk memastikan tas Anda sampai di tempat tujuan.

Stiker di bagasi ini berisi barcode yang menghubungkan tas dengan masing-masing penumpang dan tiket pesawat, serta detail tentang maskapai penerbangan, penerbangan, dan tanggal perjalanan Anda.

Itu tadi penjelasan mengenai stiker di koper yang seharusnya Anda lepas usai naik pesawat.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories