Inilah Deretan Hewan Cerdas di Bumi, Berikut Fakta-Fakta Menariknya

Sederet Hewan Cerdas di Bumi, Berikut Fakta-Fakta Menariknya (kids.nationalgeographic.com/ROB HILL, DREAMSTIME)

JAKARTA - Tak dapat dipungkiri manusia sering memandang dirinya sebagai mahluk terpintar di muka bumi. Namun ternyata banyak pula jutaan spesies hewan yang memiliki tingkat kecerdasan tertentu. 

Dalam mengukur tingkat kecerdasan hewan banyak indikator yang bisa digunakan, seperti kemampuan mempelajari hal baru, memecahkan teka-teki, kemampuan penggunaan alat, dan kesadaran diri.

Dilansir dari Ensiklopedia Britanica,  salah satu contoh menarik adalah gurita, meskipun pandangan awal kita menilai mereka mungkin tidak terlihat begitu pintar, penelitian telah membuktikan bahwa beberapa jenis gurita, seperti cephalopoda, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemampuan memecahkan masalah yang mengagumkan. 

Dalam sebuah percobaan, seokor gurita berhasil membuka wadah untuk mengambil makanan di dalamnya, hal tersebut menunjukkan tingkat kecerdasan yang mengejutkan.

Tidak ketinggalan, simpanse, yang memiliki kekerabatan genetik dengan manusia, juga menunjukkan tingkat kecerdasan tinggi. Sebuah penelitian menarik tahun 2007 menguji kecerdasan kognitif simpanse dalam mengingat lokasi angka-angka pada layar sentuh. 

Hasilnya, simpanse remaja mencetak skor nilai lebih tinggi daripada simpanse dewasa, hal tersebut menjadi bukti tingkat kapasitas kognitif yang luar biasa.

Selain gurita, Kambing mungkin tidak sering dianggap sebagai hewan cerdas,  namun terntanyata hewan ini terbukti mahir dalam memecahkan masalah, terutama ketika makanan menjadi hadiahnya. 

Dalam suatu uji coba, kambing berhasil menggunakan giginya untuk menarik tali, mengaktifkan tuas, dan menunjukkan kemampuan mengingat selama beberapa bulan.

Keberhasilan hewan dalam menggunakan alat juga menjadi salah satu hal yang menarik. Simpanse sering menggunakan tongkat untuk mengeluarkan larva semut, sementara gagak terbukti lebih pintar daripada anak-anak manusia dalam suatu tes yang melibatkan pemecahan teka-teki untuk mmeperoleh hadiah.

Gajah, selain kemampuan mereka dalam mempelajari tugas-tugas rumit, juga menonjol dengan kesadaran diri yang tinggi. Kemampuan mereka untuk mengenali diri mereka sendiri di cermin menggambarkan tingkat kecerdasan yang luar biasa, sementara sifat sosial dan penuh kasih sayang mereka menunjukkan kecerdasan emosional yang mendalam.

Berbagai hewan lain juga terkenal dengan kecerdasan mereka. Babi diketahui dapat memecahkan labirin dan belajar bahasa simbolik. Tikus diketahui juga mampu mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan mereka, dan lumba-lumba hidung botol memiliki tingkat kesadaran diri yang sebanding dengan gajah.

Pertanyaan terakhir yang muncul adalah sejauh mana hewan menilai kecerdasan manusia dan bagaimana kita dapat membandingkannya. Mungkin saatnya untuk lebih menghargai dan memahami kecerdasan luar biasa yang dimiliki oleh mahluk lain di bumi ini.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Muhammad Imam Hatami pada 28 Jan 2024 

Editor: Redaksi
Tags cerdashewanSainsBagikan

Related Stories