Ini Alasan Sebaiknya Jangan Beli Rumah Sebelum Menikah

Dave Ramsey Bilang Jangan Beli Rumah Sebelum Menikah, Mengapa? (freepik.com/dit26978)

JAKARTA - Penulis buku terlaris dan pembawa acara radio Dave Ramsey adalah salah satu public figure yang kerap memberikan nasihat-nasihat seputar keuangan tak terkecuali saran mengenai membeli rumah. 

Baru-baru ini seorang fans meminta pendapat Dave Ramsey atas keputusan yang akan diambilnya yaitu membeli rumah bersama dengan tunangannya sebelum menikah. 

Dan Dave menjawab pertanyaan tersebut dengan meminta sang fans untuk tidak membeli rumah sebelum menikah. Alasannya adalah sebagai berikut. 

"Anda berbicara tentang membeli rumah seolah-olah Anda sudah menikah, padahal sebenarnya belum," tulis Ramsey. 

“Saya tidak akan menyarankan Anda untuk membeli rumah dengan seseorang yang belum Anda nikahi. Anda sedang berbicara dengan pria yang telah melakukan hal ini selama 35 tahun, dan saya telah mendengar semua cerita horor yang menyertainya,” lanjut Ramsey 

“Kami membeli rumah itu bersama-sama, tetapi kami tidak sampai ke altar bersama-sama-  Bicara tentang perpisahan yang buruk,” Ramsey mencontohkan salah satu ucapan fansnya. 

Setelah itu, Ramsey  juga mengulik tentang realitas hubungan dan real estate.

"Kalian berdua sedang mengalami demam rumah yang parah saat ini. Percaya atau tidak, kalian tidak diwajibkan oleh hukum untuk kehabisan dan membeli rumah hanya karena berencana menikah," tulis Ramsey.

"Tolong, tunggu sampai setelah pernikahan untuk membeli rumah. Dan bahkan kemudian, tunggu sekitar satu tahun lagi. Membeli rumah adalah keputusan hidup terbesar ​dan termahal yang pernah dibuat kebanyakan orang. Luangkan waktu untuk menikmati pernikahan dan mengenal satu sama lain lebih baik untuk sementara waktu." lanjut Ramsey.

Lebih lanjut, Ramsey juga menegaskan kembali pentingnya nasihat yang ia berikan untuk sang fans.

"Aku tidak memperkirakan kalian berdua akan putus atau apa pun," tulis Ramsey. "Aku berharap dengan sepenuh hati hal seperti itu tidak akan terjadi. Tapi aku mohon, sobat. Jangan membeli rumah dengan seseorang yang bukan suamimu secara sah. Potensi kerugiannya terlalu besar." pungkasnya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 07 Nov 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories