Indonesia-Panama Jajaki Kerja Sama Konservasi Perairan Tekan Emisi Karbon

pertemuan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Panama Erika Mouynes di Gedung Mina Bahari IV, Jakarta Pusat, Jumat (8/4/2022). (Humas KKP)

Jakarta, Balinesia.id - Indonesia dan Panama tengah menjajaki potensi kerja sama di bidang konservasi perairan untuk menekan emisi karbon yang menjadi salah satu penyebab perubahan iklim.

Hal itu sebagaimana terungkap saat digelarnya pertemuan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Panama Erika Mouynes di Gedung Mina Bahari IV, Jakarta Pusat, Jumat (8/4/2022).

Menteri Trenggono memaparkan, kawasan konservasi perairan Indonesia setiap tahunnya terus bertambah dan ditargetkan pada 2030 mencapai 32,5 juta hektare.

Langkah ini berkaitan implementasi program ekonomi biru yang salah satunya melalui perluasan kawasan konservasi dan dimana salah satu (targetnya) 32,5 juta hektare.

"KKP juga sedang membuat rencana target untuk dapat memperluas kawasan konservasi hingga 30% dari luas perairan,” ungkap Menteri Trenggono.

Diketahui, kawasan konservasi perairan adalah kawasan perairan yang dilindungi, dikelola dengan sistem zonasi untuk mewujudkan pengelolaan sumber daya ikan dan lingkungannya secara berkelanjutan.

Pada area ini, erat kaitannya dengan blue carbon karena mangrove, lamun maupun biota lain yang ada di perairan tersebut mampu menyerap karbon dalam jumlah besar.

Selain konsisten memperluas area konservasi perairan, KKP juga segera menerapkan kebijakan penangkapan terukur sebagai upaya menjaga laut tetap sehat dari kegiatan penangkapan yang berlebihan dan praktik illegal fishing.  

"KKP mempunyai  program prioritas selain memperluas area konservasi menjadi area terbatas juga menanggulangi overfishing, melakukan pembatasan kapal dalam menangkap ikan,” tambahnya.

Menteri Luar Negeri Panama Erika Mouynes mengatakan Indonesia dan Panama memiliki visi yang sama dalam mengupayakan kesehatan laut. Panama sendiri, dikenal sebagai negara yang wilayah konservasinya hampir menyerupai luasan negaranya.

Saat ini, Panama gencar melakukan kerja sama multilateral untuk menekan emisi karbon melalui kegiatan konservasi perairan.

Negara Amerika Tengah ini dikenal memiliki kekayaan laut yang melimpah, namun terancam dampak perubahan iklim.

Saat ini, Panama gencar melakukan kerja sama multilateral untuk menekan emisi karbon melalui kegiatan konservasi perairan.

“Ya saya juga sangat senang dengan apa yang dilakukan oleh Indonesia. Ada potensi kerja sama multilateral yang dapat menghasilkan visible showcase. Panama bisa melakukan mobilisasi sumber dayanya,” ungkap Menteri Mouynes. ***


Related Stories