Dukung Pemulihan Hijau, KemBALI Becik Luncurkan Greening Bali Travel

KemBALI Becik meluncurkan program Greening Bali Travel, Jumat, 8 April 2022 (Balinesia.id/Oka)

Badung, Balinesia.id - Kampanye KemBALI Becik mendukung pemulihan hijau melalui Greening Bali Travel. Seperti namanya, gerakan tersebut mendukung pelestarian lingkungan dan pemulihan hijau dalam kepariwisataan Bali.

Greening Bali Travel merupakan program yang menginisiasi kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, desa adat, dan bisnis yang berbasis di Bali dengan mendorong kegiatan pariwisata berkelanjutan, energi bersih terbarukan, serta transportasi rendah karbon.

Perwakilan KemBALI Becik, Saraswati Ratnanggana mengatakan gerakan pihaknya mengupayakan agar para pelaku pariwisata dan wisatan untuk sadar lingkungan. "Ada tiga bentuk upaya utama yang akan kami lakukan di antaranya mempercepat tranportasi rendah karbon, memperluas energu terbarukan, dan mempromosikan pariwisata berkelanjutan," katanya dalam peluncuran Greening Bali Travel di Desa Potato Head Seminyak, Jumat, 8 April 2022.

Baca Juga:

Sebagai gerakan berwawasan lingkungan, KemBALI Becik pun dinyatakan sejalan dengan program pemerintah. kabid Keterpaduan Moda Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Kadek Mudarta menyebut pihaknya menyambut baik program tersebut.

"Kami menyambut dan mendukung kegiatan ini sebab kerjasama secara kolaboratif sangat diperlukan dalam hal kesadaran terhadap lingkungan," kata dia.

Sementara itu, perwakilan Skutis Coorperation, Henry Jurgens, mengatakan pihaknya juga siap membantu Bali untuk mewujudkan Pulau Bali yqng bebas karbon, dengan energi terbarukan. "Kita sudah laksanakan dengan skuter tenaga listrik di beberapa daerah di Bali, selanjutnya kami akan bekerjasama dalam pengembangan penggunaaan skuter listrik," kata dia.

Menurutnya, skuter listrik lebih ramah lingkungan, sehingga dapat mengurangi kemacetan termasuk meminimalisir terjadinya kecelakaan karena kecepatan yang lebih lambat dari skuter atau motor biasa. "Sebagai sumber energi, kami juga akan mengembangkan listrik tenaga surya, sehingga mengurangi penggunaan listrik konvensional," kata dia.

Dalam peluncuran program tersebut juga dihadirkan sejumlah pembicara berkompeten yang konsen terhadap lingkungan, di antaranya CEO The Body Shop Indonesia (Suzy Hutomo), CNN Heroes 2021 Plastic Exchange (Made Janur Yasa), Managing Director Eart Company Dan Mana Ubud (Tomo Hamakawa). Selain itu juga tampil Visual Artist Florto Studio (Monez), Aktivis Erka Kinara (Nova Ruth), dan perwakilan Desa Potato Head (Dewa Legawa). Acara yang dibuka dengan pemutaran film Pulau Plastik itu pun kemudian dengan penamilan dari Soulfood dan Navicula. oka/jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories