Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Sahur Agar Kuat Puasa

Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Sahur Agar Kuat Puasa (masakapahariini.com)

JAKARTA - Sebelum menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan ada baiknya kita melaksanakan sahur. Sahur adalah suatu aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari atau sebelum subuh.

Pasalnya sahur merupakan kunci utama kuat atau tidaknya menjalankan ibadah puasa. Maka dari itu makanan yang dikonsumsi saat sahur harus bergizi dan tahan kenyang seharian. Sehingga ada baiknya Anda untuk menghindari makanan ini saat sahur.

Lalu makanan apa saja yang dihindari saat sahur, berikut penjelasannya.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Sahur

1. Mie Instan

Mengkonsumsi mie instan saat sahur selain tidak memiliki nutrisi justru kadar sodium yang ada di dalamnya cukup tinggi. Hal ini membuat Anda cepat merasa haus dan lapar.

Meski mudah dalam proses memasaknya namun jika anda memasukkan banyak sodium dan pengawet ke dalam tubuh tentu hal ini akan berpengaruh selama anda menjalankan puasa.

2. Makanan Manis

Jangka waktu yang pendek saat makan sahur lebih baik digunakan untuk memakan makanan yang bergizi dan penuh protein. Jika anda mengkonsumsi makanan yang berlebihan di malam hari bisa menaikkan berat badan dan meningkatkan risiko diabetes apalagi setelah makan langsung tidur.

3. Makanan Pedas

Saat puasa ada baiknya kita menjaga kekebalan tubuh sehingga perlu menghindari makan sahur dengan makanan pedas. Makanan pedas dapat membuat pencernaan Anda terganggu.

4. Makanan Bersantan

Meskipun lezat, makanan bersantan kaya akan lemak yang dapat menyebabkan rasa kenyang berlebihan dan sulit dicerna. Hal ini akan menyebabkan perut begah dan kurang nyaman saat menjalani puasa, yang berakibat pada lesu, lemas, dan kekurangan energi.

5. Makanan Olahan

Biasanya untuk memudahkan ibu-ibu memasak saat sahur akan menstock bahan-bahan yang mudah diolah seperti nugget kentang hingga makanan Frozen lainnya.

Namun beberapa makanan olahan sering mengandung pengawet dan kadar garam yang tinggi hal ini menyebabkan dehidrasi dan rasa lapar ketika puasa.

Menjalankan ibadah puasa tidak hanya sekadar beribadah namun memilih makanan yang kaya serat, protein, nutrisi tidak kalah pentingnya karena hal ini merupakan kunci untuk menjaga energi dan kesehatan selama berpuasa.

Pastikan anda mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang untuk sahur Anda seperti sayur, ayam hingga ikan. Dengan menghindari makanan-makanan yang disebutkan di atas, kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan lebih nyaman dan fokus. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 17 Mar 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories