Gojek Dukung Mobilitas dan Pengembangan UMKM di Kawasan Ubud

Gojek bersama Yayasan Bina Wisata Ubud menandatangani Perjanjian Kerja Sama terkait Pemanfaatan Layanan Aplikasi Gojek dalam Rangka Pengembangan Kawasan Ubud yang dilakukan Head of Indonesia Regional Gojek Gede Manggala dengan Ketua Yayasan Bina Wisata Ubud Tjokorda Gde Bayuputra Sukawati di Museum Puri Lukisan Ubud, Jumat (18/2/2022). (Gojek)

Ubud, Balinesia.id -  Gojek mendukung pengembangan kewirausahaan terpadu bagi pengembangan potensi keterampilan dan kemandirian berusaha secara kolaboratif di kawasan Ubud Gianyar Bali.

Hal itu terungkap saat Gojek bersama Yayasan Bina Wisata Ubud menandatangani Perjanjian Kerja Sama terkait Pemanfaatan Layanan Aplikasi Gojek dalam Rangka Pengembangan Kawasan Ubud yang dilakukan Head of Indonesia Regional Gojek Gede Manggala dengan Ketua Yayasan Bina Wisata Ubud Tjokorda Gde Bayuputra Sukawati di Museum Puri Lukisan Ubud, Jumat (18/2/2022).

Dalam kerja sama ini, Gojek membuka pendaftaran mitra GoRide dengan lokasi, titik jemput dan proses operasional yang telah disepakati dengan pihak yayasan.

Gojek menghadirkan rangkaian kegiatan, mulai dari onboarding, sampai pelatihan dan pembinaan usaha. Diharapkan melalui program ini, para peserta dapat bergabung sebagai mitra di ekosistem GoFood dan memiliki pengetahuan yang baik untuk mengembangkan usahanya.

Head of Indonesia Regional Gojek Gede Manggala sangat senang dapat menjalin sinergi dengan Yayasan Bina Wisata Ubud pada hari ini. Dalam salah satu misi sosialnya, yayasan memberikan layanan transportasi di bidang kepariwisataan di Ubud khususnya dan Bali pada umumnya”.

Dalam aspek transportasi inilah, salah satu titik temu tersebut terjadi dan Gojek menjadi layanan online pertama yang dapat beraktivitas secara resmi di Kawasan Ubud.

Gojek memiliki ekosistem yang lengkap, baik transportasi, layanan pesan antar makanan atau yang lebih dikenal dengan GoFood, logistik dan sebagainya.

"Disamping itu kami juga memiliki digital payment, salah satunya GoPay yang menjadi bagian dari GoTo Financial serta Tokopedia dimana ketiganya menjadi bagian dari GoTo”, jelas Gede Manggala.

Ia menambahkan, dengan beragam produk dan layanan tersebut, kami berharap dapat memberikan  dukungan yang optimal terhadap mobilitas dan pengembangan UMKM bagi masyarakat Bali, khususnya di wilayah Ubud ini”.

Ketua Yayasan Bina Wisata Ubud Tjokorda Gde Bayuputra Sukawati - menyampaikan, ”Kalau berbicara dalam konteks teknologi bisa dikatakan bahwa Ubud berada dalam model konservatif.

Dalam kondisi tersebut, kita akui banyak terjadi resistensi. Namun kita tidak boleh diam, sehingga melalui kerjasama ini kami berharap model konservatif ini dapat kita ubah menjadi model yang inovatif”.

Dalam satu artikel, lanjut dia, Pemerintah RI melalui Presiden Joko Widodo memfokuskan diri di aspek ekonomi digital yang akan dipresentasikan secara khusus di acara G20 mendatang.

"Sehingga kami meyakini kerjasama ini merupakan langkah yang tepat terhadap masa depan Ubud yang lebih baik”, jelas Tjok Tra panggilannya akrabnya.

Dari sudut pandang customer atau turis kita mengetahui bahwa ketika kita berbicara dunia usaha semuanya adalah market driven. Jadi market sudah mengetahui apa yang mereka inginkan. Mereka datang ke Bali sudah tahu, harus kemana dan apa yang mereka akan cari sehingga yang mereka perlukan adalah layanan transportasi yang efisien, cepat dan tepat”, jelas Tjok Tra

Lebih lanjut Tjok Tra menegaskan, “Disamping itu, kalau kita berpikir dalam konteks pelayanan, saya pernah menemukan sebuah ungkapan bahwa The best service is no service. Jadi pada intinya ketika kita bisa memberikan suatu layanan yang lengkap dan mudah, kita mampu membuat mereka merasa seakan tidak lagi membutuhkan layanan secara khusus. Disanalah ketangguhan sebuah produk akan bisa dibuktikan.

"Dan semua itu bisa kita achieve dengan teknologi dengan menjadikannya sebuah proses yang seamless," sambungnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pembina, Pemerintah seperti Lurah, LPM, Kepolisian & TNI dan pastinya kepada keluarga besar Gojek.

Pihaknya sudah menjadi keluarga besar Gojek dan kedepannya kita bisa kembangkan bagaimana produk ini dapat menjadi produk khusus dengan melihat Ubud sebagai laboratorium teknologi sehingga penerapan kedepannya dapat menjadi diferensiasi.

"Kepada kawan-kawan para pelaku industri, tentunya dimohon dukungannya karena kalau berbicara kawasan ada pilar-pilar yang harus kita pegang teguh seperti Pemerintah, Industri seperti kawan-kawan ini, dan masyarakat,” ungkapnya.

“Ketiga pilar ini harus bisa kita sinergikan sehingga ketika kita berbicara tentang kawasan, bisa bergerak bersama-sama. Kami berharap, Tuhan YME  - Sang Hyang Widhi selalu memberikan kesehatan dan semangat karena kalau kita mau berusaha pasti ada jalan”, tutup Tjok Tra. (roh) ***


Related Stories