FP Unwar Diminta Dampingi Petani Kembangkan Subak Sembung

Pembukaan bakti sosial di Subak Sembung, Denpasar pada Sabtu (3/9/2022). (Unwar)

Denpasar, Balinesia.id – Fakultas Pertanian, Universitas Warmadewa (FP-UNWAR) diminta  mendampingi petani dalam mengembangkan Subak Sembung di Kelurahan Peguyangan, Denpasar. 

Lurah Peguyangan I Gede Sudi Arcana menyatakan, minimal terlibat dalam pendampingan petani sehingga petani mendapatkan tambahan pengetahuan dalam mengembangkan usaha taninya.

“Mungkin bisa diadakan pelatihan-pelatihan terkait penyediaan dan penanaman bibit unggul, bisa juga membantu memberikan penyuluhan" kata Gede Sudi Arcana, S.Si., M.Si. disela-sela pembukaan bakti sosial di Subak Sembung, Denpasar pada Sabtu (3/9/2022).

Selain memerlukan pendampingan dalam penanaman, petani juga membutuhkan pendampingan pasca panen. Apalagi sering sekali harga jatuh saat musim panen dan petani terjebak oleh tengkulak.

Misalnya panen raya harga jeblok atau padi  menguning, tengkulak datang dengan harga murah. 

“Petani tidak bisa berkutik" katanya menegaskan.

Adanya pendampingan Subak Sembung, yang memiliki luas lahan 103 hektar dapat menjadi sawah abadi. Sawah abadi menjadi penting karena kebutuhan pangan terus meningkat.

Wakil Dekan III Fakultas Pertanian, Unwar. Ir. Wayan Sudiarta, MP. Memastikan untuk berkontribusi dengan berbagai kegiatan dari kemahasiswaan hingga penelitian dosen. 

"Kawasan Subak Sembung ini menjadi sawah abadi, artinya akan menjadi contoh, maka kita berkewajiban untuk mengambil peran" imbuhnya.

Bakti sosial Fakultas Pertanian, Unwar diikuti oleh 58 mahasiswa baru. Kegiatan bakti sosial merupakan rangkaian dari program pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru. ***


Related Stories