Dubes Kroasia Tawarkan Denpasar Kerja Sama Hospitality hingga Marine Tourism

Nebosja Koharovic saat beserta istri Madame Ivana Koharović bertemu Wali Kota Denpasar, IGN. Jaya Negara (Humas Pemkot Denpasar)

Denpasar, Balinesia.id - Duta Besar Republik Kroasia  untuk Indonesia, Mr. Nebosja Koharovic menawarkan kerja sama bidang hospitality tourism hingga marine tourism dengan Pemerintah Kota Denpasar.

Tawaran itu disampaikan Nebosja Koharovic saat beserta istri Madame Ivana Koharović bertemu Wali Kota Denpasar, IGN. Jaya Negara didampingi, Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana, Kadis Pariwisata Kota Denpasar, M.A. Dezire Mulyani dan Kabag Kerja Sama Setda Kota Denpasar, IGA. Laxmy Saraswati, Rabu 8 Desember 2021.

Nebosja Koharovic menawarkan sejumlah point kerja sama diantaranya kerjasama di bidang hospitality tourism, sport tourim dan marine tourism.

Pasalnya, sebelum pandemic kondisi di Kroasia mencapai record wisatawan 25 juta kunjungan wisatawan ke Kroasia dan juga mencapai record tertinggi untuk gross domestik product (GDP) atau nilai pertumbuhan ekonomi sebuah kota.

Dalam hal sister city Nebosja Koharovic  telah berdiskusi hal-hal strategis untuk pemulihan pariwisata  di Bali khususnya dengan pemerintah pusat melalui promosi bersama dan peluang-peluang di bidang sosial hingga economic infrastruktur serta menghadapi tantangan pariwisata menjadi andalan Denpasar.

Kroasia menawarkan dalam hal sport tourism seperti halnya Young Football Club mengingat Kota Denpasar juga sebagai penyuka bola juga dapat dikerjasamakan.

Disamping itu juga bantuan beasiswa serta sharing knowledge dapat dikerjasamakan. Pihaknya akan memfollow up kembali dari hasil pertemuan ini.

Selain itu, Dubes Kroasia menyampaikan kesan pesan diharapkan Kota Denpasar dapat menjalin kerja sama Sister City dengan Kota Kroasia.

Wali Kota Jaya Negara menyambut baik penjajakan kerja sama ini, yang mana melalui kunjungan ini saya menyampaikan bahwa kondisi di Kota Denpasar aman dan layak dikunjugi.

"Saya berharap agar Bapak Dubes menyampaikan kepada warga Kroasia untuk melakukan kunjungan wisata ke Bali dan Denpasar,” kata Jaya Negara.


Hubungan sister city akan ditindaklanjuti sebagai pemicu pemulihan  pariwisata dan pemulihan ekonomi kedua kota. Dan kedepanya dapat dikerjasamakan juga Port tourism mengingat di Kawasan BTID Serangan akan dibangun Marine Hub central yang memposisikan Kota Denpasar sebagai pusat Marine Hub dan nantinya  wisatawan dapat langsung ke Kota Denpasar tanpa transit di Singapura. (roh) ***


Related Stories