Survei Bank Indonesia: Konsumen Optimis Kondisi Perekonomian Terus Menguat

Gedung Bank Indonesia. / Facebook @BankIndonesiaOfficial

Jakarta, Balinesia.id - Konsumen menunjukkan sikap optimismenya terhadap perekonomian Indonesia yang akan terus menguat sebagaimana hasil survei Survei Konsumen Bank Indonesia.

Survei dilakukan Bank Indonesia pada November 2021, mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi terus menguat.

Seperti tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2021 sebesar 118,5, lebih tinggi dari 113,4 pada Oktober 2021.

Kemudian, Indeks Keyakinan Konsumen merupakan rata-rata sederhana dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

Pada November 2021, IKE sebesar 99,2 naik dari 91,8 pada Oktober 2021. Sementara IEK pada November 2021 adalah 137,8, naik dari 134,9 pada Oktober 2021

Masih dari laporan Bank Indonesia, Indeks Kondisi Ekonomi Saat ini mencakup keyakinan konsumen mengenai penghasilan saat ini, ketepatan waktu untuk melakukan pembelian barang tahan lama dan ketersediaan lapangan kerja, dengan membandingkan antara kondisi saat ini dan 6 bulan yang lalu. 

IKK pada November 2021, meningkat pada seluruh kategori pengeluaran dan kelompok usia responden. Secara spasial, IKK meningkat di sebagian besar kota yang disurvei, tertinggi di Pontianak, diikuti oleh Palembang dan Mataram.

Direktur Eksekutif sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengungkapkan, penguatan keyakinan konsumen pada November 2021 didorong oleh perbaikan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, terutama persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan saat ini. 

“Peningkatan tersebut sejalan dengan terus membaiknya aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat didorong meningkatnya mobilitas seiring berlanjutnya pelonggaran pembatasan mobilitas,” ujarnya dalam keterangan resmi yang dirilis Rabu, 8 Desember 2021 . 

Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi mendatang, lanjut Erwin Haryono  juga tercatat membaik ditopang kenaikan pada seluruh indeks pembentuknya, dengan peningkatan tertinggi pada indeks ekspektasi kegiatan usaha. (roh) ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Vega Aulia pada 08 Dec 2021 

Bagikan

Related Stories