Pameran "We All Connected" IWCS Angkat "Kasta" Lukisan Cat Air

Pameran lukisan cat air "We All Connected" IWCS. (Balinesia.id/jpd)

Gianyar, Balinesia.id - Indonesia Watercolor Summit (IWCS) berupaya mengangkat "kasta" lukisan bermedia cat air. Langkah itu ditunjukkan melalui pameran lukisan cat air bertajuk "We All Connected" yang digelar  selama 10 hari, yakni antara 5-15 Desember 2021 di Komaneka Gallery Keramas, Gianyar.

Founder IWCS, Silvia Zulaika, sesaat sebelum pembukaan pameran cat air IWCS menjelaskan bahwa pameran tersebut adalah hilirisasi dari serangkaian proses belajar bersama yang difasilitasi komunitas tersebut. IWCS lahir sejak Februari 2019 dan secara intens memberi ruang kepada masyarakat yang memiliki hobi melukis untuk bersama-sama belajar melukis cat air. Program dimentori oleh perupa cat air terkemuka dari Rusia dan Italia yang cukup diminati oleh orang-orang dari berbagai kalangan, mulai dari ibu rumah tangga hingga profesional.

"Ide dasar IWCS adalah art-preneur, yakni menggabungkan seni dan enterpreneurship, dengan misi utama mempromosikan cat air agar bernilai lebih layak secara ekonomi dan menjadikan seniman cat air yang mandiri, berpengetahuan luas, dan berkembang seperti media-media seni rupa lainnya sesuai dengan perkembangan zaman.  Dengan demikian profesi ini dapat diandalkan sebagai penghasilan tetap, khususnya bagi seniman-seniman cat air muda," kata Silvia.

Dalam pameran tersebut ada 35 buah lukisan cat air yang dipamerkan. Karya-karya tersebut dibuat oleh 60-an anggota IWCS dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan luar negeri. Proses kurasinya pun dilakukan oleh para mentor seniman cat air terkemuka di dunia.

"Proses kurasinya langsung dilakukan oleh mentor dari Rusia dan Italia. Jadi, karya-karya yang dipamerkan ini merupakan karya-karya dari mereka yang menang dalam setiap kelas. Dalam proses belajar kami, setiap pekan itu ada challenge, dan pemenang dari challenge itulah yang kemudian dipilih untuk ikut pameran," jelasnya.

Silvia menjelaskan, pada mulanya kelas-kelas IWCS dilaksanakan setahun sekali setiap bulan Mei, akan tetapi karena tingginya minat dan banyaknya potensi seniman cat air muda, maka kelas-kelas utama dalam event besar IWCS dilaksanakan setiap dua kali dalam setahun. Untuk menunjang acara utama tersebut IWCS mengadakan kelas-kelas tambahan yaitu pre-summit, yang bertujuan untuk membantu peserta sehingga dapat lebih optimal dalam mengikuti event besar.   

Dalam proses belajar bersama itu, pihaknya memanfaatkan ruang online (creative Zoom Room) sebagao tempat belajar, sehingga dapat mempermudah peserta mengikuti program-program IWCS dari berbagai daerah di Indonesia maupun Internasional.  "Program-program yang disediakan IWCS tidak hanya teknik melukis cat air, tetapi juga branding for artis, self confidence, business ethic, building networking, dengan mentor-mentor berpengalaman dari dalam dan luar negeri. Hal ini bertujuan untuk menyediakan peluang sehingga seniman dapat berkembang dan memiliki kesempatan belajar sama bagi semua anggota tanpa batasan istilah senior-junior khususnya bagi seniman muda," katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories